Kejari Purwokerto Serahkan Aset Tanah dan Bangunan ke Pemkab Banyumas

PURWOKERTO,KRJOGJA.com- Tanah dan bangunasn aset milik Pemkab Banyumas yang bertahun tahun dikuasi oleh perorangan, Kamis (8/10/2020) diserahkan oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Purwokerto, kepada Pemkab Banyumas.

Penyerahan aset tanah dan bangunan senilai Rp 2,5 miliar berlokasi Desa Karangmangu, Baturraden, diserahkan oleh Kajari Purwokerto Sunarwan kepada Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tri Lastiona di aula Kejari Purwokerto.

Sunarwan, menjelaskan aset Pemkab Banyumas berupa tanah seluas 675 meter beserta bangunan tersebut selama ini dikuasai oleh perorangan dan sudah bersertifakat. Namun setelah dilakukan pelacakan dan penyelidikan oleh tim Pidsus Kejari Purwokerto tanah tersebut dengan sukarela dikembalikan oleh pengelola dan pemegang sertifikat kepeda Kejari Purwokerto yang diteruskan ke Pemkab Banyumas.

Sunarwan, menambahkan dari pelacakan dan penyelidikan oleh aset milik Pemkab Banyumas oleh tim Kejari dilakukan selama tiga bulan. “Tanah aset milik Pemkab Banyumas sudah lama, dikelola perorangan hingga bersetifikat atas nama perorangan. Setelah dilakukan penyelidikan tim Pidsus Kejari Purwokerto tanah dan bangunan itu tersebut secara sukarela ke diserahkan Kejari Purwokerto. Dalam penyelidikan kepemilikan aset Pemkab Banyumas tersebut, belum ada kesimpulan perbuatan melawan hukum,” kata Sunarwan.

Hananto, selaku pemegang sertifikat tanah tersebut menjelaskan ia, mengembalikan tanah secara sukarela kepada Pemkab Banyumas sebagai asas kemanfaatan dan demi kemajuan Banyumas dan rasa nasionalisme.

Wakil Bupati (Wabup) Banyumas Sadewo Tri Lastiona, mengucapkan terimakasih kepada Kejari Purwokerto dalam pengembalian aset milik Pemkab Banyumas. Nantinya tanah tersebut akan digunakan untuk pengembangan kawasan wisata Baturraden yang keseluruhan 20 ribu meter persegi. “Tujuannya untuk menambah pendapatan daerah, dan kesejahtraan rakyat,” kata Sadewo.(Dri)

BERITA REKOMENDASI