Kejari Purwokerto Tangkap Buron 10 Tahun Terpidana Kasus Penipuan

Editor: Ivan Aditya

PURWOKERTO, KRJOGJA.com – Eliza Kartikasari Nur Faizah (42) narapidana (napi) kasus penipuan berkedok multi level marketing (MLM) yang menjadi buron Kejaksaan Negeri (Kejari) Purwokerto selama 10 tahun sejak perkaranya inkracht tahun 2010, Rabu (30/09/2020) sore dibekuk Tim Kejari Purwokerto yang dipimpin Kepala Kejari (Kajari) Sunarwan SH MH.

Eliza ditangkap di tempat persembunyiannya salah satu perumahan yang masuk wilayah Desa Krincing Kecamatan Secang Kabupaten Magelang. Setelah menjalani tes cepat (rapid test) dan melengkapi berkas, Eliza selanjutnya dieksekusi ke rumah tahanan negara (rutan) Banyumas untuk menjalani hukuman.

“Penangkapkan terhadap napi Elisa setelah Tim Kejari melakukan pemetaan dan kemudian menangkapnya,” kata Kajari Purwokerto Sunarwan SH MH, Kamis (01/10/2020).

Sunarwan mengatakan kasus penipuan tersebut dilakukan Eliza saat menjabat sebagai Komisaris PT Bumi Moro Arta Kencana, yakni dengan cara menarik dana dari masyarakat melalui penawaran kredit mobil seperti halnya praktik MLM. Puluhan korban yang disebut sebagai mitra menyetorkan uang sebesar Rp 7,5 juta serta diharuskan mempunyai rekanan (downline) di sisi kanan maupun kiri masing-masing sebanyak tiga orang.

“Yang dijanjikan dari uang Rp7,5 juta, pada bulan kedua, seorang mitra yang sudah punya enam ‘downline’, ia akan diberikan Rp12,5 juta pada bulan kedua dan setiap bulan setelah itu, akan diberikan kompensasi atau keuntungan Rp 3,5 juta,” jelasnya.

BERITA REKOMENDASI