Kemenag-RSI Banjarnegara Jalin Kerjasama

Editor: Agus Sigit

BANJARNEGARA, KRJOGJA.com – Kakanwil Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Jateng Musta’in Ahmad mengapresiasi terjalinnya kerjasama Kemenag Banjarnegara dengan Rumah Sakit Islam (RSI) Banjarnegara dalam bidang kesehatan.

“Kerjasama seperti ini sangat layak diapresiasi. Ini baru pertama kalinya kantor Kemenag di jajaran Kanwil Jawa Tengah kerjasama dengan rumah sakit. Sumberdaya di kementerian agama itu banyak sekali, dari penyuluh, guru ngaji dan lainnya bagus sekali menjadi agen kesehatan,” kata Musta’in Ahmad.

Hal itu diungkapkan olehg Musta’in Ahmad saat menyaksikan di Banjarnegara penanda-tanganan naskah kerjasama, Selasa (5/10). Penanda-tanganan dilakukan oleh Kepala Kemenag Banjarnegara Agus Suryo Suripto dan direktur rumah sakit RSI Banjarnegara, dr Agus Ujianto, di aula kantor Kemenag.

Menurut Musta’in, sumberdaya Kemenag harus menjadi agen kesehatan. “Kami berharap, dengan terjalinnya kerjasama Kemenag-RSI akan membantu pencapian vaksinasi pada siswa di bawah Kemenag. Sebab, capaiannya masih tergolong rendah, yaitu baru 32 persen, sehingga masih kurang 68 persen,” katanya.

Musta’in berharap pula, capaian vaksin bisa lebih tinggi lagi dalam waktu cepat, sehingga bisa terselenggara pembelajaran tatap muka secara maksimal.

Tentang capaian vaksi untuk guru di bawah Kemenag, sudah ada di angka 48 persen. Kanwil mewajibkan guru atau tenaga pendidik melakukan vaksin. Di lapangan yang belum dapat tercapai seratus persen karena menunggu giliran dan karena kondisi fisik, misalnya sakit.

Tentang kegiatan pembejaran tatap muka terbatas, menurut Musta’in syaratnya ada tiga hal, yakni ketersediaan sarana prasarana, rekomendasi, serta ijin dari Satgas Covid setempat. Jika tiga-tiganya tercapai namun jika ada ijin orang tua tidak ada maka tidak bisa berjalan tatap muka, melainkan akan tetap daring.

Direktur RSI Banjarnegara, dr Agus Ujianto, menyatakan, kerjasama Kemenag-RSI merupakan ikhtiar untuk melewati pandemi dengan baik secara bersama-sama. (Tar)

 

BERITA REKOMENDASI