KKP Gandeng Unsoed Perkuat Pemberantasan IUU Fishing

Editor: Agus Sigit

CILACAP, KRjogja.com – Kementerian Kelautan dan Perikanan menggandeng Universitas Jenderal Soedirman untuk memperkuat pemberantasan Illegal, Unreported and Unregulated (IUU) Fishing. Kerja sama kedua lembaga ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unsoed di Cilacap, Jumat (26/03/2021).

“Dalam rangka melaksanakan pendekatan pencegahan IUU fishing, KKP terus bersinergi dengan berbagai institusi. Mudah-mudahan dengan kerja sama ini semakian memperkuat pemberantasan IUU fishing”, ujar Sekretaris Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Suharta.

Menurutnya, kerja sama itu dirancang untuk mendukung program-program pencegahan dan penyadartahuan termasuk “PSDKP Mengajar”, maupun pemberdayaan Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokwamas).

Selain itu, pihaknya juga berharap adanya dukungan dalam rangka penanganan tindak pidana perikanan. “Dalam penanganan tindak pidana kami tentu membutuhkan saksi ahli yang mudah-mudahan bisa didukung dari Unsoed”, jelas Suharta.

BERITA REKOMENDASI