Klaster Baru Covid-19 di Bakeuda

Editor: Ivan Aditya

PURBALINGGA, KRJOGJA.com – Klaster perkantoran kembali muncul di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga. Terbaru, Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) terpaksa harus menutup operasional kantornya, hingga waktu yang belum ditentukan.

Upaya tracing sudah dilakukan. Tapi hasil tes PCR yang dilakukan saat tracing belum keluar dari RSUD dr Margono Soekarjo Purwokerto.

“Karena Bakeuda merupakan kantor pelayanan, maka sementara ditutup terlebih dahulu sambil menunggu hasil tracing keluar,” tutur Kepala Bakeuda, Subeno, Selasa (08/06/2021) siang.

Di lingkungan kantor Bakeuda ditemukan dua pegawainya yang positif Covid-19. Satu pegawai di kantor Bekeuda pusat yang berada di kompleks Pendapa Dipokusumo dan satu pegawai di kantor Bakeuda yang berada di belakang Kantor BKPPD Kabupaten Purbalingga.

Pemkab Purbalingga berupaya agar kasus lonjakan Covid-19 yang terjadi di Kudus tidak terjadi di Kabupaten Purbalingga. Sejumlah langkah dilakukan sebagai antisipasi. “Ada beberapa langkah yang kita lakukan agar kejadian di Kudus tidak terjadi di Purbalingga,” tutur Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi).

Pertama membangun kekompakan dan koordinasi seluruh pihak dan Satgas Penanganan Covid-19 dari tingkat kabupaten hingga desa/kelurahan. Kemudian, semua pihak selalu mengingatkan masyarakat untuk terus menerapkan protokol kesehatan.

Langkah selanjutnya, ada upaya preventif dari Pemkab sebagai deteksi dini terhadap penyebaran virus Covid-19. Misalnya dilakukannya tes rapid antigen di tempat-tempat cukup keramaian seperti di tempat wisata maupun tempat fasilitas umum.

“Seperti kemarin pada saat pemudik datang dan keluar ke Purbalingga. Mereka menjalanites rapid antigen,” ujarnya.

Terkait varian baru Covid-19, Tiwi belum mendapatkan laporan dari Dinas Kesehatan (Dinkes), perihal itu. Sejauh ini yang diketahuinya varian itu terdapat di Cilacap. “Kami berupaya mengantisipasi agar varian itu tidak sampai masuk ke Purbalingga,” ujarnya. (Rus)

BERITA REKOMENDASI