Klaster Ponpes Bertambah Menjadi 328 Santri Positif Covid-19

BANYUMAS, KRJOGJA.com – Bertambahnya kasus positif Covid-19 dari klaster pondok pesantren (Ponpes) Al Hidayah di Kelurahan Purwanegara, Purwokerto Utara, Kabupaten Banyumas, dari 126 menjadi 328 menjadi perhatian anggota DPR RI dari Fraksi PKB Siti Siti Mukaromah SAg MAP.

Ia menjelaskan dasar pendidikan di pesantren dan model pendidikan lain yang bersifat boarding school, dengan sistem komunal yang ada, diakui membuat mereka cenderung lebih rawan. Ponpes bahkan telah disebut sebagai salah satu klaster.

“Penanggulangan atau pencegahan kasus Covid-19 di Ponpes butuh kesadaran bersama. Sangat diharapkan, jika ada yang terpapar positif maka komunikasi yang tepat dan terukur perlu untuk dilakukan,” kata Erma panggilan Siti Mukaromah, Kamis (1/10/2020).

Menurutnya langkah komunikasi yang keliru justru menghasilkan sesuatu yang negatif, baik itu kegaduhan atau keresahan yang tak berdasar.

Kemudian apa yang telah terjadi di Banyumas terkait kasus Covid-19 di Ponpes, mestinya menjadi warning bagi kita semua berempati bersama, bahu membahu untuk saling membantu, dan membangun pola pikir dan hidup sehat dalam keseharian.

“Apa yang terjadi di Banyumas kita harapkan membangkitkan kita semua untuk bergerak bersama. Kita fokus agar Banyumas sehat dan terbebas dari penyakit. Kami berharap semua elemen bergerak bersama-sama. Mulai gugus tugas, Pemkab, kementrian, dan dinas kesehatan, tokoh masyarakat, ataupun semua kelompok. Termasuk yang ada di ranah politik sebagai representasi perwakilan masyarakat di semua,” pintanya.

PKB

BERITA REKOMENDASI