KPU Banyumas Tetapkan 504 DCT DPRD

PURWOKERTO, KRJOGJA.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas,Kamis (20/9/2018) menetapkan 504  Daftar Calon Tetap (DCT) anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Banyumas. Penetapan DCT dilakukan secara tertutup yang hanya dihadiri oleh komisioner KPU Banyumas.

Komisioner KPU Banyumas Ikhda Aniroh menjelaskan ada 504 DCT anggota DPRD yang ditetapkan. Menurutnya setelah ditetapkan, Partai Politik (Parpol) tidak bisa lagi mengganti calon legislatifnya.

"Meski setelah penetapan DCT ada calon yang mengundurkan diri baik karena meninggal ataupun alasan lainnya, parpol tetap tidak dapat mengganti bacaleg tersebut," kata Ikhda.

Kemudian jika ada caleg perempuan dari parpol di daerah pilihan (dapil) tertentu yang mundur, kemundurannya mempengaruhi syarat minimal 30 persen caleg perempuan dalam suatu dapil, maka tidak akan berpengaruh. 

Dijelaskan KPU tidak akan menghapus parpol dari dapil tersebut, karena alasan kurangnya kuota minimal caleg perempuan. Karena setelah penetapan memang tidak ada lagi ruang penggantian.

DCT legilatif DPRD Banyumas itu selanjutnya akan umumkan melalui media media cetak dan elektronik, pada Jum'at (21/9/218) hari ini hingga Minggu (23/9/2018) mendatang. 

Pengumuman tersebut dilakukan untuk memberi tahu kepada masyarakat nama-nama DCT DPRD Banyumas untuk Pemihan Umum (Pemilu) 2019. (Dri)

BERITA REKOMENDASI