KPU Banyumas Uji Kelaikan Logistik Pemilu

Editor: KRjogja/Gus

PURWOKERTO, KRJOGJA.com – Uji kelaikan logistik Pemilu 2019,Rabu (19/12/2018) dilakukan KPU Banyumas, di Gudang Penyimpanan Logistik KPU dengan cara diduduki dan dinaiki. Langkah itu dilakukan untuk mengetahui kualitas kotak suara dan bilik suara yang terbuat dari bahan karton.

Ketua KPU Banyumas,Imam Arif Setiadi menegaskan kotak suara yang akan digunakan untuk Pemilu 2019 saat ini tersimpan aman dan siap digunakan. "Saya minta masyarakat tenang dan tidak terombang-ambing adanya kabar ramai di media sosial yang risau kualitas bahan kotak suara," kata Imam.

Menurutnya kotak suara dari bahan karton kedap air, bukan kardus. Saat ini tersimpan di gudang dan nanti siap distribusi ke PPK di kecamatan.

Uji kelaikan kualitas dan sosialisasi untuk menjawab banyak berita hoaks yang menyoal soal kualitas bahan kotak suara dianggap rawan kecurangan dan tidak kuat. Untuk itu,ia meminta masyarakat percaya kepada penyelenggara pemilu dan mengajak masyarakat ikut mengawal jalannya tahapan pemilu."Kami mengajak wartawan agar bisa melihat langsung kondisi penyimpanan di gudang," kata Imam.

Untuk mengukur kekuatan kotak suara, Ketua KPU Banyumas didepan wartawan menduduki kotak tersebut. Kemudian juga diuji kekuatan kotak menopang berat badan anggota KPU Banyumas, Hanan Wiyoko yang mencoba sambil berdiri. Setelah itu para wartawan dan kepolisian diajak masuk ke gudang dan melihat penyimpanan logistik.

Imam, menambahkan jumlah logistik yang sudah diterima KPU Banyumas meliputi,kotak suara 27.452 buah,masih  kurang 30.Bilik suara karton 3.224 buah masih kurang 24,Tinta 10.847 buah,segel 566.560 buah.Kemudian sampul biasa dan sampul kubus 152.398 buah,alat tulis kantor berupa spidol kecil, spidol besar, lem, ballpoint, karet pengikat 5.437 set.

Alat pemberi tanda coblos berupa spoon, paku dan benang sebanyak 3.320 buah,masih kurang 2.117 buah.Perlengkapan rekap suara 359 buah.Segel plastik atau kabel ties sebanyak 136.816 buah. (Dri)

 

BERITA REKOMENDASI