Lahan dan Dana Terbatas, Warga Bojong Bangun Masjid Berbentuk Kabah

Editor: Agus Sigit

PURBALINGGA, KRJOGJA.com – Sebuah masjid berbentuk mirip kabah berdiri megah di wilayah RT 05 RW 02 Dusun Kedungdawa Kelurahan Bojong Purbalingga. Berbeda dengan kebanyakan masjid dan mushola lainnya. Masjid itu berbentuk kotak dengan warna hitam. Tidak pula ada kubah di atapnya.

“Masjid ini dibangun dengan arsitektur seperti kabah, justru karena kami terkendala soal lahan dan dananya,” tutur Maryono, Ketua RT 05 RW 02 Dusun Kedungdawa, kemarin.

Maryono yang mendesain bentuk bangunan itu mengungkapkan, lahan wakaf yang digunakan untuk membangun masjid itu hanya berukuran 7×12 meter. Sehingga bila dibangun seperti masjid atau mushola pada umumnya, akan sangat terkesan sempit.

“Panitia pembangunan masjid sepakat tidak memakai serambi. Setelah digambar-gambar, muncul ide bentuk kabah itu,” ujarnya.

Setelah sepakat masjid dibangun menyerupai kabah, komponen kubah di atap juga dihilangkan. Apalagi setelah dilakukan survei harga, kubah ukuran sedang mencapai sekitar Rp 45 Juta.

“Mencoret kubah sekaligus menghemat biaya,” ujarnya.

Masjid yang belum sepenuhnya jadi ini mulai dibangun sekitar bulan Maret. Tidak kurang dari Rp 300 juta sudah terserap dalam proses pembangunannya. Sumber dana berasal dari swadaya warga, termasuk pengerjaannya.

” Donatur kebanyakan warga asli sini yang merantau atau sudah domisili di luar kota,” ujarnya.

BERITA REKOMENDASI