Layang – layang Unik dari Cilacap Berjaya di Purworejo

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Layang – layang dari Kabupaten Cilacap berjaya di Kabupaten Purworejo saat mengikuti Kite Festival 2019 yang digelar di Pantai Ketawang Kecamatan Grabag. Paling tidak dari lima kategori yang dipertandingkan, Cilacap berhasil meraih tiga juara pertama.

“Penilaian dilakukan oleh juri profesional dan tidak bisa dipengaruhi oleh siapapun,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Dinparbud) Purworejo Agung Wibowo AP, Minggu (7/7/2019).

Dari hasil penilaian tim juri ini untuk layang-layang jenis tradisional juara petama diraih Arku Kite Cilacap, menyusul peringkat berikutnya Abstrak dari Muntilan, dan Ijo Daun dari Cilacap.

Untuk kagegori layang-layang tiga dimensi layang-layang Laba-Laba dari Cilacap juga berhasih meraih terbaik petama, menyusul layang-layang Bakul Pentol  dari klub Cakra Muda Kroya, dan Becak Kite dari PDD Riau.

Klub Arku Cilacap juga tampil sebagai yang pertama pada kategori Rokuku Chalilenge dengan judul Ranjau, posisi kedua layang-layang Roket dari Cilacap, serta Bambu Runcing dari klub Pegang Magelang.

Sementara itu untuk kategori layang-layang  2 dimensi juara pertama Legong Kite dari Jakarta dengan judul Gunungan, menyusul Gumilang Ponorogo dengan judul Nganter Sekolah, serta posisi ketiga ditempati Nalagareng dari Cakramuda Cilacap.

Sedang untuk jenis train/naga juara pertama diraih layang-layang Naga Sosro dari Tulungagung, menyusul Bagassura Ijo dari Adiraja Cilacap dan Naga Sang dari Grayag Yogya.

Para juara ini menurut Agung Wibowo, selain mendapatkan tropy juga uang pembinaan. (Nar)

BERITA REKOMENDASI