Lelaki Beristri Cabuli Gadis Bawah Umur 

Editor: Ivan Aditya

BANYUMAS, KRJOGJA.com – Setelah menerima laporan dari orang tua korban Unit Pelayanan Perempuan dan Anak (PPA) Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polresta Banyumas, Jawa Tengah menangkap SS (48) lelaki beristri warga Kelurahan Purwanegara Kecamatan Purwokerto Utara, Banyumas.

Ia ditangkap di rumahnya  karena diduga telah melakukan tindak asusila pencabulan  terhadap AP (15) gadis bawah umur yang masih tetangganya. Kapolresta Banyumas Kombes Pol M Firman L Hakim, SH, SIK yang dihubungi melalui Kasat Reskrim Polresta Banyumas Kompol Berry, ST, SIK, Rabu (11/11/2021) menjelaskan bahwa peristiwa ini terjadi  di kebun dekat rumahnya.

“Tersangka mencabuli korban dengan cara bujuk rayu terlebih dahulu, dan selanjutnya tersangka melakukan tindakan asusila yang pertama di dapur rumah korban, sebulan setelahnya bertemu kembali dikebun dan melakukan tindakan asusila kembali. Menurut pngakuan tersangka perbuatan tersebut dilakukan sebanyak lima kali,” kata Kompol Berry.

Polisi yang mendapat laporan kejadian terus mengamankan pelaku beserta barang bukti untuk proses penyidikan lebih lanjut. Sejumlah barang  bukti  yang ikut disita diantaranya satu potong kaos lengan panjang warna abu-abu lengan warna biru, satu potong celana panjang warna pink, satu potong celana dalam warna coklat dan satu potong BH warna coklat.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatan penyidik menjerat pelaku dengan  pasal 82  Undang Undang (UU) Nomor  35 Tahun 2014 tentang perubahan atas UU Nomor 23 th 2002 tentang perlindungan anak dengan ancaman maksimal 12 tahun penjara.

Berkaitan kasus tersebut Kompol Berry menghimbau kepada  masyarakat agar menjaga komunikasi, terutama komunikasi di lingkup keluarga,  khususnya peran orangtua. Karena faktor-faktor pemicu terjadinya kejahatan bisa muncul salah satunya dari kurangnya komunikasi dalam keluarga. “Selain itu pentingnya pengawasan terhadap pergaulan dan perilaku anak,” pinta Berry. (Dri)

BERITA REKOMENDASI