Lestarikan Seni Tradisional, Festival Dalang Cilik di Banyumas Digelar

BANYUMAS, KRJOGJA.com – Sebagai bentuk upaya untuk melestarikan seni tradisional,Oemah Tahu Sumedang 'Mang Eman, Kamis (26/12/2019) menggelar  Festival Dalang Wayang Kulit Cilik.

Festival yang menjadi bagian dari kegiatan Pesta Kesenian Rakyat itu digelar di Oemah Tahu Sumedang 'Mang Eman', di Desa Tambaksogra, Sumbang, Banyumas, itu diikuti tujuh dalang wayang cilik dari Banyumas dan Cilacap, Jawa Tengah.

Ketua Penyelenggara Pesta Kesenian Rakyat Astri Yana Elsera, menjelaskan  kegiatan tersebut sebagai upaya untuk menarik kunjungan wisatawan ke Kabupaten Banyumas dan melestarikan kesenian tradisional.

"Saat ini kesenian tradisional kan jarang tampil di ruang umum. Nah, sekarang ingin aku mengadakan di masyarakat, yang pertama ada kesenian dalang yang dilombakan, ada dalang cilik dan dalang remaja," kata Astri.

Menurutnya selain pentas wayang kulit dengan dalang anak anak dan remaja, panitia festival juga menggelar kesenian lengger, kentongan. Sedang tujuan kegiatan festival dalang cilik ini ditujukan untuk menanamkan kembali nilai-nilai luhur melalui lomba dalang bagi anak-anak yang saat sekarang banyak kecanduan gawai dan internet.

Kegiatan ini digelar sebagai awal dari berbagai kegiatan yang akan digelar di Oemah Tahu Sumedang yang ke depannya akan menyiapkan tempat untuk dijadikan sebagai sentra kesenian dan UMKM Banyumas.(Dri)

BERITA REKOMENDASI