Lima Guru Positif Corona, SD Menganti Cilacap Jadi Klaster Baru

Editor: Ivan Aditya

CILACAP, KRJOGJA.com – Sebanyak lima guru di SDN Menganti 04 Kesugihan Cilacap dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 dari hasil tes polymerase chain reaction (PCR) Laboratorium RSPC Cilacap yang diterima tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Cilacap, Selasa (15/09/2020). Kelima guru itu berasal dari Desa Menganti Kecamatan Kesugihan, Kelurahan Mertasinga dan Tritih Kulon Kecamatan Cilacap Utara dan Kelurahan Sidanegara Kecamatan Cilacap Tengah.

“Jadi awalnya ada satu guru yang positif lebih dulu dan riwayat kontak dengan keluarganya yang bekerja di Jakarta. Setelah dilakukan tes massal terhadap guru yang ada di sekolah tersebut dan hasilnya ada yang positif lagi,” kata Kepala Dinas Kesehatan Cilacap dr Pramesti Griama Dewi.

Dengan ditemukannya 5 guru SD tersebut positif, maka hal itu menjadi kluster baru di Cilacap.
Untuk menindaklanjuti temuan itu Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Cilacap menerapkan isolasi mandiri di rumah kelima guru tersebut, melakukan penyemprotan disinfektan terhadap komplek sekolah dan masing-masing rumah kelima guru tersebut. “Sekolah tersebut dinyatakan ditutup selama dua hari,” ujarnya.

Menurutnya, dengan adanya penambahan pasien positif Covid-19 lima orang tersebut, sehingga jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Cilacap yang dalam perawatan menjadi 16 orang, dari sebelumnya hanya 11 orang. Adapun jumlah keseluruhan warga Cilacap yang positif Covid-19 sampai dengan saat ini sebanyak 156 orang dengan 138 orang dinyatakan sembuh dan dua orang meninggal. Sedang yang suspek saat ini ada 3 orang kontak erat 59 orang. (Otu)

BERITA REKOMENDASI