Masuki Pancaroba, Bupati Ingatkan PSN

Editor: KRjogja/Gus

PURWOKWERO, KRJOGJA.com – Saat ini memasuki musim pancaroba yakni curah hujan yang tinggi dan disertai panas. Kondisi ini sangat cocok untuk berkembangbiaknya nyamuk.

Untuk itu Plh Bupati Banyumas Ir Wahyu Budi Saptono, Rabu (23/5/2018) meminta kepada Kader Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dan masyarakat agar melaksanakan pemberantasan sarang nyamuk. Langkah itu dilakukan  guna mengantisipasi berkembangnya nyamuk Aides agepty sebagai penyebab penyakit demam berdarah (DB).

“Saya menghimbau kepada kader Posyandu dan masyarakat pada umumnya agar tidak bosan-bosan melaksanakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN),” pintanya.

Pesan tersebut sengaja disampaikan mengingat kondisi saat ini sedang musim pancaroba. Wabah DBD menurut Plt Bupati, dipicu oleh faktor cuaca curah hujan yang tinggi dan disertai panas yang terik seperti saat ini, dimana kadang hujan kadang panas, yang sangat cocok untuk berkembangbiaknya nyamuk.

“Walaupun kondisi saat ini, cukup aman dari wabah penyakit demam berdarah, kita tidak boleh lengah dan terlena, kejadian luar biasa, kasus DB pada tahun 2016 tidak boleh terulang,” katanya

Plt Bupati menilai, PSN dipandang lebih efektif dan lebih murah dibandingkan dengan fogging. Pasalnya PSN mampu memutus rantai perkembangbiakan nyamuk. Sedangkan fogging hanya membunuh nyamuk dewasa saja. (Dri)

 

 

BERITA REKOMENDASI