Matematika Punya Banyak Rahasia, Coba Hitung ‘Kuadrat Satuan Lima’, Begini Caranya

Editor: Agus Sigit

BANJARNEGARA, KRJOGJA.com – Seminar Nasional Matematika Indonesia 2021 berlanjut ke Kabupaten Banjarnegara Jawa Tengah, Rabu (23/6/2021). Para guru dan pengajar dari sekolah-sekolah di Banjarnegara mengikuti kegiatan yang diinisiasi LKP Matematika Indonesia tersebut.

Menarik, beberapa trik untuk membuat Matematika lebih mengasyikkan disampaikan dalam seminar sehari tersebut. Pemateri, adalah Setiawan, S.M., M.Si yang karib dipanggil Master Setiawan. Setiawan memberikan materi menarik salah satunya cara mudah menghitung kuadrat yang satuannya lima. Ia memberi contoh menghitung berapa 15 kuadrat.

“Begini triknya, cara cepat menghitung 15 kuadrat adalah 1 x 2 (angka setelah 1 bisa disebut dengan istilah kakak), hasilnya adalah 2 kemudian 5-nya dikuadratkan hasilnya 25. Maka hasil dari 15 kuadrat adalah 225,” ungkap Setiawan.

Selama ini menurut Setiawan, biasanya peserta didik menggunakan metode perkalian dengan menggunakan cara susun atau membuka tabel kuadrat bahkan ada yang membuka kalkulator. “Harapan kami, dengan cara ini, kemampuan menghitung bilangan kuadrat satuan 5 ini semakin baik dan cepat,” sambung Setiawan.

BERITA REKOMENDASI