May Day di Banyumas, Pengusaha dan Buruh Diminta Selesaikan Masalah Kemiskinan

Editor: KRjogja/Gus

Berkaitan peringatan Hari Buruh Internasional yang berdekatan dengan momentum Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1442 H, Dinarkop UKM sudah melakukan pemantauan terhadap pelaksanaan pembayaran tunjangan hari raya (THR).

“Tim kami, sudah memantau sejumlah perusahaan, mereka menyatakan kesiapannya. Tetapi kalau memang belum siap nanti masih kami berikan peluang untuk berdiskusi dengan karyawannya, yang penting H-7 Lebaran mereka sudah ada kepastian kapan dan bagaimananya,” jelasnya.

Joko Wiyono menambahkan dari sekitar 1.300 perusahaan di Banyumas, sekitar 80 persennya sudah dipantau dan menyatakan kesiapannya untuk membayarkan THR kepada pekerja/buruh.

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kabupaten Banyumas Bambang Parmono mengatakan pihaknya mengusahakan para pengusaha yang mampu, wajib membayar THR bagi pekerja dan buruhnya. “Sudah ada kesanggupan sesuai dengan kemampuan masing-masing,” katanya.

Sementara Ketua Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Kabupaten Banyumas Haris Subiyakto mengatakan sejumlah perusahaan yang terdampak pandemi COVID-19 telah kembali mempekerjakan pekerjanya yang sempat dirumahkan.(Dri)

BERITA REKOMENDASI