Migor Langka, PKK Banyumas Gelar Pelatihan Membuat Minyak Kelapa

Editor: Agus Sigit

BANYUMAS, KRJogja.com – Menyiasati kelangkaan minyak goreng pabrikan dipasaran. Sekelompok Ibu Ibu Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Banyumas, Jawa Tengah menggelar pelatihan pembuatan minyak kelapa atau minyak klentik.

” Alasan Ibu Ibu PKK menggelar pelatihan pembuatan minyak kelapa atau klentik, lantaran di Banyumas produksi kelapa cukup melimpah, hampir setiap desa ada,” kata Ketua PKK Banyumas yang juga istri Bupati Banyumas, Erna Husein, Sabtu (26/2/2022).

Pelatihan pembuatan minyak kelapa itu sendiri digelar disebuah Gubug di Kebun Baron Desa dan Kecamatan Pekuncen, Banyumas, Jumat (25/2/2022).

Dari tahap awal ibu ibu PKK mengklupas kulit buah kelapa dan memisahakan daging kelapa dengan tempurung. Selanjutnya daging kelapa dicuci bersih.

Kemudian kelapa yang sudah dicuci bersih diparut. Selanjutnya ampas kelapa yang sudah terkumpul diperas untuk diambil santannya.

Selanjutnya air santan tersebut dipanaskan dengan api kedalam wajan sambil terus diaduk. Sekitar dua jam kemudian. Cairan yang semula berupa air santan sekarang sudah berubah menjadi minyak goreng, dan siap untuk memasak.

Ketua PKK Banyumas yang juga istri Bupati Banyumas, Erna Husein yang memprakarsai kegiatan pelatihan menjelaskan di sejumlah desa di Banyumas banyak pohon kelapa, bahkan kelapa yang tua banyak tidak dimanfaatkan.

” Saya mengajak ibu ibu untuk mengolah kelapa jadi minyak goreng atau klentik dengan melalui proses diparut, diperas hingga dimasak menjadi minyak kelapa. Minyaknya jernih dan jauh lebih sehat untuk menggoreng.Pelatihan membuat minyak kelapa ini bisa menjadi solusi kelangkaan minyak goreng yang juga harganya mahal,” kata Erna.

Erna, menambahkan kegiatan pelatihan ini untuk mengajak masyarakat agar tidak ketergantungan minyak goreng yang saat ini Suli didapatkan, dan harganya melambung.

Menurutnya kegiatan ini sangat penting bagi masyarakat khususnya ibu ibu, bagaimana cara membuat minyak goreng kelapa dan memanfaatkan kelapa tua yang ada disekitar rumah kita.

Sehingga masyarakat akan menjadi mandiri dan bisa membuat minyak goreng kelapa, dan mengetergantungkan minyak goreng produk pabrikan yang saat ini langka dan sulit didapat.(Dri)

 

BERITA REKOMENDASI