Muslimah Enterpreneur Berbagi Nasi Kotak Warga Isoman

Editor: Agus Sigit

PURBALINGGA, KRJOGJA.com – Menyusul komunitas relawan yang sudah ada, Muslimah entrepreneur (ME) ikut berkiprah membantu warga Purbalingga yang tengah menjalani isolasi mandiri (Isoman). Mulai Rabu (4/8), komunitas yang beranggotakan perempuan muslim alias muslimah menyediakan ransum berupa nasi kotak bagi warga isoman.

“Setiap warga yang sedang menjalani isoman akan mendapatkan satu nasi kotak perhari pada Rabu Kamis dan Jumat,” tutur Unang Zika, Rabu (4/8/2021).

Nasi kotak itu dimasak dan dikemas sendiri oleh Unang Zika dan karyawannya. Unang Zika merupakan pengusaha jasa catering di Purbalingga.

Kurir akan mengantar nasi kotak itu untuk warga isoman yang berdomisi dalam radius 3 kilometer dapur Zika Catering. Warga isoman diminta mengirim foto hasil swab dan menunjukkan lokasi melalui saluran whatsapp. Sedangkan warga isoman yang jauh dari dapur Zika, nasi kotak bisa diambil oleh keluarga atau kerabat yang sehat.

ME (muslimah entrepreneur) Purbalingga, merupakan komunitas yang beranggotakan wanita muslim (muslimah) dan pelaku usaha di Purbalingga. Berdiri sejak Agustus 2017 lalu, Kegiatan utama komunitas itu berupa jual beli online melalui whatsapp (WA). Ada tiga WA grup aktif untuk bertransaksi.

Tak hanya berbisnis, ME juga selalu aktif membantu warga yang tertimpa musibah, seperti bencana alam banjir, tanah longsor dan lainnya. Saat pandemi Covid-19 mencengkeram Purbalingga mengakibatkan ribuan warganya harus menjalan isoman, ME hadir untuk membantu dalam bentuk nasi kotak.

“Banyak yang dalam satu keluarga harus menjalani isoman. Mereka tidak mencari nafkah. Tidak bisa belanja kebutuhan pokok,” ujar Unang.

Biaya pengadaan nasi kotak itu bersumber dari infak bulanan anggota ME dan sebagian dari donatur lain. (Rus)

 

BERITA REKOMENDASI