Mutu Tidak Sesuai, Jalan Beton Gerilya Dibongkar

Editor: KRjogja/Gus

PURWOKERTO, KRJOGJA.com – Tiga titik ruas Jalan Gerilya Purwokerto, yang dibangun dengan lapisan beton, Selasa (8/1/2019) terpaksa dibongkar, oleh kontraktornya atas perintah Kementerian PUPR, karena kualitasnya beton tidak sesuai yang dihatapkan.

"Dari hasil uji mutu laboratorium Jalan Gerilya lapisan betonnya ada yang tidak seuai sehingga diminta penyedia jasa untuk membongkar lagi,dan pihak penyedia juga bersedia," kata Christianto Budi Raharjo Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Ajibarang, Banyumas, Klampok, Banjarnegara Kementrian PUPR,Selasa (8/1/2019).

Menurutnya pembongkaran jalan Gerilya tersebut dilakukan hanya di satu lajur sebelah utara,sehingga sebagian masih dilewati melalui jalur sebelahnya.

Ruas jalan beton yang dibongkar panjangnya sekitar 800 meter ada di tiga titik seperti di dekat perempatan Samsat dan depan Pengadilan Negeri (PN) Purwokerto, di timur perempatan Andhang Pangrenan. Untuk pembongkaran jalan beton sudah dilakukan sejak tiga hari lalu, dan hari ini Selasa (8/1) diharapkan sudah selesai. Secara total ada 160 segmen yang dibongkar yang terdapat di tiga titik lokasi Pembongkaran menggunakan  alat berat.

Proses pengerjaan dilakukan oleh puluhan pekerja mulai dari jam 07.00 hingga pukul 17.30. Tidak ada penutupan jalan terkait pembongkaran tersebut. Setelah pembongkaran selesai dilanjutkan pengecoran dalam kurun waktu satu minggu.

Christianto Budi Raharjo menambahkan pembongkaran dilakukan untuk memperkuat dan memperpanjang umur beton. Sehingga akan memaksimalkan layanan kepada pengguna jalan. “Selain itu supaya lebih awet lagi. Maksimal sampai 20 tahun, ” ungkapnya.

Berkaitan dengan pembongkaran jalan beton tersebut, Kementerian PUPR sudah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan terkait penempatan rambu. Karena ada arus lalu lintas yang terganggu. "Kami mohon dukungannya mohon maaf atas adanya gangguan sementara terhadap masyarakat dan pengguna jalan. Hal ini dilakukan agar beton awet, ” kata Christianto.(Dri)

 

 

BERITA REKOMENDASI