Nelayan Cilacap Minta Ada Pelayanan Keluatan Satu Atap

Menurutnya, pada saat ini, yang dibutuhkan nelayan dalam mengurus surat izin cukup di daerahnya saja, dengan masa berlakunya sama. “Jadi kita bisa sekali mengurus tetapi bisa mendapatkan berbagai surat-surat perizinan yang dibutuhkan,” lanjutnya.

Kalau selama ini, surat-surat izin itu masa berlakunya berbeda-beda, ada yang satu tahun ada yang tiga tahun.
Pada era sekarang ini, sejumlah daerah telah dibangun mall pelayanan publik, atau yang sudah berjalan selama ini, pelayanan terpadu satu atap seperti Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat). “Mengapa untuk perizinan perikanan tangkap belum bisa seperti itu,” katanya.

Staf Ahli Menteri Kelautan dan Perikanan Pamuji Lestari didampingi Direktur Perizinan Ditjen Perikanan Tangkap Ridwan Mulyana mengatakan, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap (DJPT) meluncurkan Sistem Informasi Izin Layanan Cepat (SILAT) 1 jam secara online. “Peluncurannya dilakukan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo akhir tahun lalu,” ujarnya, di sela kunjungan kerja bakti nelayan KKP dan Komisi IV DPR RI ke Cilacap, Senin (27/07/2020).

BERITA REKOMENDASI