Operasi Keselamatan Berlalu-lintas Kedepankan Upaya Persuatif

Editor: Ivan Aditya

PURBALINGGA, KRJOGJA.com – Puluhan sopir angkutan umum dan penarik becak menikmati sarapan pagi bersama polisi Satuan Lalu-lintas (Satlantas) di terminal Purbalingga, Kamis pagi (15/03/2018). Sabar (sarapan bareng) sopir angkutan umum itu merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Operasi Keselamatan Lalu-lintas 2018.

"Melalui kegiatan sarapan bareng sopir angkutan, kami melakukan persuasi pengguna jalan agar mengutamakan keselamatan berlalu-lintas," tutur Kasat Lantas Polres Purbalingga AKP Sukarwan disela-sela kegiatan, Kamis pagi (15/03/2018).

Dalam Operasi Keselamatan Berlalu-lintas yang akan diselenggarakan hingga 25 Maret itu, pihaknya menitikberatkan pada upaya persuatif dan preemtif (himbauan) dan preventif (pencegahan) terhadap pengguna jalan. Misalnya dengan kegiatan 'cegatan', tanpa tindakan represif seperti tilang.

Misalnya, pengemudi mobil hanya diingatkan agar mengenakan sabuk keselamatan, pengendara sepeda motor diingatkan agar mengenakan helm dengan benar dan seterusnya. "Dalam operasi ini, 60 persen preemtif. Upaya preventif dan represif masing-masing 20 persen," ujarnya. (Rus)

BERITA REKOMENDASI