Operasi Zebra Candi 2021 di Purbalingga Jaring 1832 Pelanggaran

Editor: Agus Sigit

PURBALINGGA, KRJOGJA.com – Operasi Zebra Candi 2021 yang berlangsung tanggal 15 – 28 November 2021 telah selesai dilaksanakan di wilayah hukum Polres Purbalingga. Tidak kurang dari 1832 kasus pelanggaran ditemukan sepanjang operasi berlangsung. Angka itu lebih tinggi dibanding tahun 2020 yang jumlahnya 1702 pelanggaran.

“kendati demikian, pihak kepolisian tidak memberikan tilang kepada pelanggar, hanya memberi teguran sebagai pembinaan,” tutur Wakapolres PurbaIingga Kompol Pujiono di Mapolres, Senin (29/11/2021).

Pujiono yang didamping Kasat Lantas AKP Rizky Widyo Pratomo dan Kasi Humas Iptu Muslimun menambahkan, angka kasus kecelakaan lalu lintas yang terjadi selama pelaksanaan Operasi Zebra hanya ada lima kasus dengan korban luka ringan, tanpa korban meninggal dunia atau luka berat. Angka itu turun tipis dibanding tahun lalu yang mencatat enam kasus.

Wakapolres menambahkan selama berlangsung operasi, ujar mantan Kabag Ops Polres Purbalingga itu, pihaknya lebih mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif serta kegiatan simpatik kepada masyarakat. Sepanjang kegiatan operasi juga digiatkan sosialisasi tentang protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 di wilayah Kabupaten Purbalingga.

Kegiatan simpatik meliputi bakti sosial kepada masyarakat, Safari Jumat Kamseltibcarlantas (Keamanan keselamatan ketertiban kelancaran lalu-lintas), revitalisasi jalur penyelamat di Karangreja, pemasangan spanduk imbauan, edukasi tertib lalu lintas kepada pelajar, dikmas lantas dan PPGD, road show Badut Sibraling, sosialisasi kendaraan berkeselamatan, vaksinasi jemput bola, patroli blusukan bagikan baksos dan giat lainnya.

“Ada juga kegiatan simpatik membagikan sayur mayur dan masker kepada masyarakat dan penggunaan jalan. Pembagian dilakukan oleh personel kepolisian menggunakan kostum kerajaan agar lebih diperhatikan dan lebih dekat dengan masyarakat,” ujarnya.

Pujiono mengungkapkan apresiasinya kepada masyarakat yang berkendara dengan tertib dan patuh prokes selama pelaksanaan Operasi Zebra Candi 2021. Dengan tertib berlalu lintas di jalan bisa terwujudnya zero accident di wilayah Kabupaten Purbalingga.

“Selain itu, dengan patuh prokes mampu mencegah penyebaran Covid-19,” ujarnya.  (Rus)

BERITA REKOMENDASI