Orang Sudah Meninggal dan Bocah Umur 6 Tahun Terdaftar Terima BST Covid-19, Kok Bisa?

BANYUMAS, KRJOGJA.com – Kementerian Sosial dan PT Pos diminta untuk lebih jeli dalam penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) Covid-19 tahun 2021. Lantaran dalam penyaluran BST Covid-19 Kemensos bulan Juli 2021 ada orang yang sudah meninggal empat tahun lalu dan bocah umur enam tahun terdaftar menerima BST Covid-19 dari Kemensos.

“Di desa saya dari 14 kepala keluarga yang terdaftar terima BST Covid -19 dari Kemensos ada empat orang sudah meninggal dunia empat tahun lalu dan satu bocah umur 6 tahun,” kata Kardi Daryanto Kepala Desa Kemutug Kidul, Kecamatan Baturraden, Banyumas, Jawa Tengah, kepada KRJogja.com, Kamis (22/7/2021) malam.

Padahal menurutnya pihak pemerintahan desa tidak pernah mendaftarkan ke Dinas Sosial atau Kemensos terhadap orang yang sudah meninggal dan bocah berumur enam tahun.

“Ini jelas kecerobohan Kemensos dan Kantor Pos yang menyalurkan tidak melakukan cek ke bawah,” tambah Kardi Daryanto yang juga ketua Paguyuban Kepala Desa Kecamatan Baturraden.

Dirinya menjelaskan ketika pihak desa dimintai data tentang warga yang diusulkan ke Kemensos untuk menerima BST, pihak pemerintah desa melalui musyawarah desa (Mudes) untuk memutuskan dan mengusulkan warganya yang layak menerima.

“Kami tidak pernah mengusulkan orang yang sudah meninggal terima BST Covid-19 yang besarannya Rp 300 ribu untuk dua kali penerimaan,” ungkapnya.

BERITA REKOMENDASI