Pancasila Konsensus Negara dan Sudah Final

PURWOKERTO,KRJOGJA.com- Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Siti Mukaromah, SAg, MAP menegaskan Pancasila adalah ideologi dasar negara Indonesia yang sudah final.

“Pancasila lahir melalui dinamika yang panjang hingga akhirnya menjadi konsensus bernegara,” tegasnya saat menjadi narasumber dalam Dialog Publik PMII Komisariat Walisongo IAIN Purwokerto, Sabtu, (18/7/2020) di pendopo Si Panji Purwokerto, Kabupaten Banyumas dengan mengangkat tema ‘RUU RUU HIP, Perlukah’.

Menurut Erma panggilan akrab Siti Mukaromah, yang juga menjabat sebagai Ketua DPC PKB Kabupaten Banyumas, RUU bisa diajukan oleh pemerintah, DPR, maupun DPD. Adapun RUU HIP adalah inisiatif DPR yang diusulkan oleh Fraksi PDI Perjuangan, sementara RUU Perlindungan Ibu dan Anak adalah inisiatif DPR yang diusulkan oleh Fraksi PKB.

Dijelaskan saat ini sedang diperbincangkan dimana mana mengenai RUU HIP, berbagai polemik terjadi. Proses panjang sudah dilalui dan masih menunggu persetujuan presiden. “JIka sampai 60 hari tidak ada jawaban, maka pembahasan tidak dapat dilanjutkan, “terangnya.

BERITA REKOMENDASI