Pedagang Pasar dan Penyapu Jalan Terima Bantuan Paket Sembako

Editor: Ivan Aditya

PURBALINGGA, KRJOGJA.com – Tidak kurang dari 150 petugas kebersihan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan 700 pedagang pasar menerima paket sembako, Kamis (21/05/2020). Dengan berpedoman pada protokol penanganan Covid, pembagian paket sembako itu berlangsung di halaman pendopo Dipokusumo.

Salah satu penerima paket sembako, Dedi (35) yang sudah menjalani pekerjaan penyapu jalan selama 7 tahun mengaku pandemi covid membuat segala sesuatunya menjadi susah. Biasanya usai menjalankan tugasnya, Dedi mencari tambahan dengan mengerjakan yang lain untuk menambah penghasilan.

“Hari ini saya dapat bantuan sembak. Lumayan, sedikit-sedikit untuk lebaran,” ujarnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Priyo Satmoko menyebutkan, sesuai agenda DLH, dibagikan bingkisan lebaran yang sudah masuk dalam anggaran pemerintah melalui DLH khusus bagi mereka yang masih berstatus Tenaga Harian Lepas (THL). Bagaimanapun para THL kebersihan juga terdampak adanya pandemi covid, disamping untuk meringankan beban mereka menghadapi lebaran besok.

“Jumlah THL yang menangani  kebersihan, meliputi tenaga sapuan, tenaga angkutan dan tenaga pengelola TPA mencapai 150 orang,” ujarnya.

Sebelumnya, 700 pedagang pasar juga menerima bantuan paket sembako. Bupati Dyah Hayuning Pratiwi bersama Komandan Kodim 0702 Letkol Inf Yudhi Novrizal ikut membagikan kantong-kantong berisi kebutuhan pokok tersebut.

“Bantuan paket sembako diberikan kepada bagi 700 pedagang yang biasa berjualan di pasar Segamas, pasar Mandiri, pasar Hartono dan PKL yang berjualan di lingkungan perkotaan.” ujar Tiwi.

Menurutnya, pedagang pasar juga merupakan elemen masyarakat yang terdampak adanya pandemi Covid-19. Meskipun sebenarnya kegiatan ini merupakan kegiatan rutin saat menjelang Idul Fitri, tapi karena adanya pandemi korona sehingga kegiatan dilakukan dengan pemberian bantuan paket sembako.

“Biasanya kegiatan ini dilakukan dengan berbuka puasa bersama dengan pedagang pasar, tapi karena adanya Covid-19 sehingga dibuat dalam bantuk paket sembako.” ujarnya. (Rus)

BERITA REKOMENDASI