Pejabat Purbalingga Jalani Dites Swab

Editor: Ivan Aditya

PURBALINGGA, KRJOGJA.com – Tidak kurang dari 20 pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga menjalani tes swab di Pendopo Dipokusumo, Selasa (28/07/2020). Pejabat yang menjalani tes swab terdiri para Asisten Sekda, Staf Ahli, Kepala Bagian, dan para Camat. Tes swab akan dilakukan dua kali tes yakni Selasa (28/07/2020) dan Rabu (29/7/2020).

“Siang tadi kami menyediakan 35 unit alat untuk tes swab. Baru 21 alat tes yang sudah digunakan yakni 20 untuk pejabat dan 1 untuk wartawan,” tutur Kepala Dinas Kesehatan, Hanung Wikantono, Selasa sore (28/07/2020).

Sampel swab akan dikirim ke Balai Teknik Kesehatan Lingkungan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Jogjakarta. Selanjutnya tinggal menunggu hasil dari BTKLPP kurang lebih 10 hari menunggu antrian pemeriksaan sampel swab.

“Kemudian untuk tes swab bagi Kepala OPD dan pejabat lainnya akan diagendakan sambil menunggu pengadaan alat swab terlebih dahulu,” ujarnya.

Hanung menambahkan, dengan alat yang tersedia hanya sekitar 200 unit, tes swab di Purbalingga masih terbatas. Berbeda dengan rapid test yang saat ini masih tersedia kurang lebih 800 alat.

“Hari minggu (26/07/2020) kami juga sudah melaksanakan tes swab di Gor Goentoer Darjono. Kami memilih 34 orang secara acak. Prioritasnya lansia dan orang yang rentan untuk dites swab,” ujarnya.

Tes swab itu mengacu intruksi pemerintah pusat agar dilakukan secara masif. Dalam intruksinya, Indonesia setiap harinya melakukan tes swab pada 30 ribu jiwa yang dibagi pada tiap kabupaten.

“Tapi ya tergantung sumber dayanya juga. Karena semuanya diserahkan ke daerah untuk penyediaan alat, Sumber Daya Manusia (SDM) dan sebagainya,” tuturnya.

Hanung meyebutkan, di Purbalingga saat ini terdapat 72 orang terkonfirmasi positif covid-19 dengan rincian 63 orang sembuh, 8 orang masih dirawat dan satu orang meninggal. (Rus)

BERITA REKOMENDASI