Pelanggaran dan Kecelakaan Lalu-Lintas di Cilacap Turun Selama Pandemi

Editor: KRjogja/Gus

CILACAP, KRJOGJA.com – Operasi Patuh Candi 2020 yang digelar mulai 23/07/2020 hingga 5 Agustus 2020 akan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Karena tidak hanya menertibkan para pelanggar lalu lintas, namun juga protokol kesehatan. Kendati demikian operasi patuh tersebut lebih mengedepankan tindakan preemtif 40 %, preventif 40 % dan penegakan hukum 20%.

“Jadi untuk para pelanggar protokol kesehatan akan diberikan edukatif atau bersifat teguran,” ujar Kapolres Cilacap, AKBP Dery Agung Wijaya usai memimpin apel gelar pasukan Operasi Patuh 2020, Kamis (23/07/2020).

Terkait pelaksanaan Operasi Patuh tersebut, Kapolres mengimbau masyarakatan untuk mematuhi aturan lalu lintas, menyiapkan kendaraan yang akan dibawa, baik surat-surat maupun fisik kendaraan dan jangan lupa bersama-sam mendukung upaya mencegah terjadinya penyebaran Covid-19.

“Harus diakui, selama masa pandemi Covid-19, kasus pelanggaran lalu lintas dan berujung kecelakaan menurun dibanding sebelum pandemi Covid-19. Tetapi memang selama pandemi Covid-19, masyarakat jarang keluar rumah dengan menggunakan kendaraan bermotor,” lanjutnya.

Perlu diketahui pula, lanjut Dery, Operasi Patuh Candi 2020, juga sebagai persiapan menyambut Hari Raya Idul Adha, 31 Juli mendatang. Sehingga dengan Operasi Patuh tersebut diharapkan menjadi ajang sosialisasi menjaga keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas. Sebab bisa jadi pada libur lebaran haji itu, akan digunakan masyarakat untuk berlibur ke obyek wisata, mudik ke kampung halaman, sehingga diperkirakan akan terjadi lonjakan keramaian. (Otu)

 

BERITA REKOMENDASI