Pemkab Siapkan Dana Hibah Bagi Pegiat Wisata dan Pelaku UMKM

Editor: KRjogja/Gus

PURBALINGGA, KRJOGJA.com – Pemkab Purbalingga mengalokasikan anggaran hibah bagi pelaku wisata dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Anggaran hibah merupakan bagian program pemulihan ekonomi Pemkab Purbalingga, khususnya bagi masyarakat yang sangat terdampak adanya Pandemi.

“Anggaran hibah itu dari Rp 10 Juta hingga Rp 30 Juta untuk memastikan agar pertanian, UMKM dan juga wisata ini bisa terus bergerak ditengah pandemi Covid-19” tutur Bupati Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi), Senin sore (1/3/2021).

Selain anggaran hibah, diluncurkan pula program Kartu Prakerja Purbalingga. Kartu itu khusus bagil warga Purbalingga yang kehilangan pekerjaan akibat pandemi Covi-19 dan belum mendapat bantuan dari pemerintah pusat.

“Nanti akan didata dari bottom-up, dari tingkat desa,” ujarya.

Ada pula program santunan kematian bagi warga tidak mampu yang meninggal dunia. Sistem pelaporannya berjenjang mulai dari tingkat desa, kecamatan hingga kabupaten.

Prioritas pemerintah saat ini penanganan covid dan vaksinasi, pemulihan ekonomi masyarakat dan infrastruktur utamanya jalan jembatan,” ujar Tiwi.

Infrastruktur diakui putri mantan bupati Triyono Budi Sasongko itu, menjadi sorotan masyarakat di media sosial yang menyoal jalan rusak dan berlobang. Apalagi curah hujan yang tinggi semakin memperparah kondisi jalan.

Tiwi sudah menyampaikan kepada para kades agar permasalahan jalan diselesaikan bersama. Harus dipilah antara jalan desa, jalan kabupaten maupun jalan provinsi.

“Jalan kabupaten menjadi tanggungjawab pemkab. Sebaliknya jalan desa menjadi tanggungjawab pemerintah desa,” jelasnya. (Rus)

 

BERITA REKOMENDASI