Penderes Gula Kelapa Terima Bantuan Program BPJAMSOSTEK

Editor: Ivan Aditya

BANYUMAS, KRJOGJA.com – Sebanyak 6.449 penderes gula kelapa di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah menerima bantuan program jaminan sosial ketenagakerjaan berupa iuran selama satu tahun. Para penderes yang merupakan pekerja bukan penerima upah ini mendapat manfaat dua program, yaitu jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian.

“Bantuan iuran ini dari para pemangku kepentingan di Banyumas. Mereka memberikan perlindungan kepada penderes melalui program Corporate Social Responsibility (CSR),” kata Kepala BPJAMSOSTEK Kantor Cabang Purwokerto, Agus Widiyanto di Banyumas, Jumat (25/2/2022).

Penyerahan bantuan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan kepada ribuan penders dilakukan bertepatan dengan peringatan Hari Jadi ke-451 Kabupaten Banyumas, di Pendapa Sipanji Purwokerto, Selasa 22 Februari 2022 lalu. Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Bupati Banyumas, Achmad Husein kepada perwakilan penderes Cilongok, Taryoko.

Agus, menambahkan bantuan iuran program BPJAMSOSTEK yang dilakukan dengan cara jimpitan ini rencananya untuk memberikan perlindungan selama satu tahun kedepan. Selanjutnya akan dilanjutkan lagi selama tiga tahun, setelah itu penderes melakukan iuran program secara mandiri.

Saat ini cakupan penderes di Kabupaten Banyumas yang menjadi peserta jaminan sosial ketenagakerjaan mencapai 50% dari lebih dari total penderes yang jumlahnya mencapai sekitar 11 ribu orang pada tahun 2022. Nantinya, program jimpitan yang melibatkan perusahaan atau lembaga di Kabupaten Banyumas tidak hanya menyasar para penderes, melainkan memberikan perlindungan kepada semua pekerja rentan, yaitu pekerja yang rentan pendapatannya dan rentan risiko sosialnya.

“Selain jimpitan, kami akan bekerja sama dengan beberapa stakeholder seperti agen 46, agen BRILink dan agen dari PT Pos Indonesia,” jelas Agus. (Dri)

BERITA REKOMENDASI