Penderita ODGJ Meluas, RSI Banjarnegara Dirikan Bangsal Jiwa

BANJARNEGARA, KRJOGJA.com – Rumah Sakit Islam (RSI) Banjarnegara mendirikan Bangsal Jiwa pada medio Agustus ini. Sebagai persiapan dibukanya layanan baru tersebut, baru-baru ini RSI menggelar pelatihan asuhan perawat jiwa. Pelatihan dihadiri Perawat Klinik Jiwa Tumbuh Kembang Anak RSJD dr Amino Gondo Hutomo Semarang, Anita Mayasari Ns.

Menurut Anita, langkah RSI Banjarnegara mendirikan bangsal Jiwa patut diacungi jempol. “Saya lihat, direktur dan jajarannya bergerak cepat, sarana prasarana, sumber daya manusia dan sebagainya disiapkan, semoga membantu menurunkan jumlah angka dengan gangguan jiwa di Banjarnegara,” katanya.

Dikatakan pula, hingga saat ini di Jawa Tengah masih ada 1.000 lebih Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Jawa Tengah dalam kondisi terbelenggu. “Angka tersebut mendekati angka pasti dan bisa dipertanggungjawabkan. Ini menjadi masalah besar sebenarnya. Mereka terbelenngu dalam pemasungan akibat ketidaktahuan masyarakat. Dengan kondisi saat ini, kita medis harus turun tangan,” kata Anita.

BERITA REKOMENDASI