Pengawas TPS Positif Covid-19, Saksi dan Petugas Langsung Isolasi Mandiri

Editor: KRjogja/Gus

PURBALINGGA, KRJOGJA.com – Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan saksi di TPS 7 Kelurahan Wirasana, menjalani tes swab disusul isolasi mandiri. Sebelumnya, seorang petugas Pengawas TPS setempat diketahui terpapar Covid-19, justru setelah kegiatan pemungutan suara selesai.

“Kami menyayangkan pengawas TPS itu masih ditugaskan melakukan di TPS. Sambil menunggu hasil tes swab, petugas itu seharusnya melakukan karantina mandiri di rumah hingga hasil swab test keluar,” tutur Kepala Dinas Kesehatan Purbalingga, Hanung Wikantono, Jumat siang (11/12/2020).

Hanung menyebutkan, tes swab terhadap petugas KPPS dan saksi dilakukan sehari setelah pelaksanaan pilkada, yakni Kamis (10/12/2020). Tidak hanya TPS di Wirasana. Tes serupa juga dilakukan di tempat lain. Saat ini, Dinkes tengah melakukan tracing bagi warga yang melakukan kontak erat pasien positif Covid-19 di Kelurahan Wirasana tersebut.

“Saat ini kami masih mengumpulkan datanya bersama dengan pihak terkait,” ujarnya.

Anggota Bawaslu Bidang Sumber Daya Manusia (SDM), Setyawati menyebutkan, pihaknya baru mengetahui ada pengawas TPS yang positif pada Rabu (09/12/2020) malam. Esoknya, langsung berkoordinasi dengan Dinkes terkait penanganan.

BERITA REKOMENDASI