Penuhi Target LTT Cilacap, Polbangtan Yoma Adakan Rakor Upsus Pajale

CILACAP, KRJOGJA.com – Polbangtan Yogyakarta Magelang (Yoma)  melaksanakan Rapat Koordinasi Evalusai Pencapaian Target LTT (luas tambah tanam)  Pajale (padi jagung kedele) di Kabupaten Cilacap pada  Rabu 13 Maret 2019 di  hotel Whiz Cilacap. Rakor Menghadirkan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap beserta jajarannya, Danramil Kec. Kroya mewakili Komandan Kodim 0703 Cilacap, Petugas Data Balai Penyuluhan Pertanian masing-masing kecamatan. 

Direktur Polbangtan Yoma Dr. Rajiman  memberikan arahan dengan menyampaikan data pembanding periode Oktober Maret tahun sebelumnya, dan data hasil identifikasi dan koordinasi terkait kebutuhan saprodi pada MT 2 tahun 2019. Adapun target bulan Maret sebesar 22.294 ha LTT padi menjadi fokus yang harus diselesaikan. 
"Dibutuhkan strategi untuk mencapainya antara lain monitoring panen dan potensi panen di masing2 wilayah kecamatan, identifikasi detail kebutuhan saprodi, sosialisasi intensif pada kelompok tani, optimalisasi alsintan melalui brigade alsintan (alat mesin pertanian) dan upja (usaha pelayanan jasa alsintan) pengolahan tanah dengan alsintan dilakukan segera setelah panen, percepatan melakukan persemaian untuk mendukung percepatan tanam dengan sistem sebar pethuk, serta koordinasi intensif antar pihak terkait," jelas Rajiman.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap Supriyanto, SP, MP dalam sambutannya menyampaikan selamat datang dan tetap semangat dalam pencapaian target percepatan Luas Tambah Tanam Pajale.  Menurutnya, kehadiran PPL petugas data dari 24 kecamatan beserta tokoh masyarakat berfungsi untuk memberikan informasi akurat yang merupakan hal penting dalam langkah pencapaian target, kesanggupan pencapaian target dengan memperhatikan potensi dan kendala yg ada menjadi masukan untuk ditindaklanjuti. 

"Diharapkan peran PPL  (petugas penyuluh lapangan) sebagai petugas data tidak sebatas mencatat dan melaporkan yang dilakukan petani namun juga memberikan pengarahan percepatan tanam dengan melibatkan tokoh masyarakat setempat."

Danramil Kec. Kroya, Kapten Tugirun mewakili Komandan Kodim 0703/Cilacap menyampaikan bahwa Kodim 0703/Cilacap selama ini dan masa mendatang melalui para Danramil beserta babinsanya siap melakukan berbagai upaya khusus semaksimal mungkin untuk mendukung program-program Kementerian Pertanian.

Sementara Sudirlam dari PT. Sang Hyang Sri banyumas menyampaikan, data ketersediaan benih padi dan siap melakukan pengiriman sesuai ketersediaan dan sesuai pengajuan dari kelompok tani melalui dinas pertanian cilacap. PT SHS Banyumas mempunyai wilayah kerja Kebumen, Wonosobo, Banjarnegara, Purbalingg, Banyumas dan Cilacap. (*)

 

BERITA REKOMENDASI