Penukaran Uang, KBI Purwokerto Siapkan Rp13 Miliar

PURWOKERTO,KRJOGJA.com  – Bank Indonesia (BI) Perwakilan Purwokerto, dan 32 bank umum, Senin (28/5/2018) mulai melayani penukaran uang menjelang  Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriyah.  Penukaran uang bersama ini digelar Kantor Perwakilan Bank Indonesia Purwokerto dan perbankan di Purwokerto, bertempat di rumah dinas Bakorwil III Purwokerto.

BACA JUGA :

Penuhi Kebutuhan Uang Tunai saat Lebaran, BI Siapkan 3 Strategi Ini

Libur Lebaran Lebih Lama, BI Siapkan Uang Rp 5 T

BI Siapkan Uang Tunai Rp188,2 Triliun

Kepala Unit Pengawasan Sistem Pembayaran, Pengelolaan Uang Rupiah, dan Keuangan Inklusif (UPSP, PUR, dan KI) Kantor Perwakilan  BI Purwokerto  Muhamad Sagerrudin, menjelaskan penukaran uang tahun ini ditangani oleh 32 bank. "Kami menyiapkan sembilan loket penukaran, tiga di antaranya loket cadangan, sehingga yang dibuka sebanyak enam loket," kata Muhamad Sagerrudin.

Menurutnya  kegiatan penukaran uang itu digelar mulai tanggal 28 Mei, 30-31 Mei, dan 4-7 Juni 2018 mendatang.Khusus untuk hari pertama penukaran pihaknya menyiapkan uang sebesar Rp13 miliar yang terdiri atas berbagai pecahan.

Persiapan uang sebanyak itu untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya lonjakan karena biasanya pada hari pertama, jumlah warga yang melakukan penukaran membludak.

Dia menambahkan bank sentral membatasi jumlah uang yang ditukarkan maksimal sebanyak Rp 8 juta per orang dalam satu hari. Rinciannya pecahan Rp 20 ribu sebanyak Rp 4 juta, pecahan Rp10 ribu sebanyak Rp2 juta, pecahan Rp 5.000 sebanyak Rp 1 juta, dan pecahan Rp1.000 sebanyak Rp 1 juta. (Dri)

BERITA REKOMENDASI