Peralatan SAR Kantor Basarnas Cilacap Masih Minim

Editor: KRjogja/Gus

CILACAP, KRJOGJA.com – Kendati Basarnas Cilacap telah ditingkatkan dari pos menjadi kantor, namun kenyataannya, masih banyak kekurangan terutama sarana dan prasarananya yang menyangkut peralatan SAR laut.

“Ini sudah kami rencanakan untuk menambah perahu karet, kendaraan bermotor trail, dan peralatan SAR laut,”ujar Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) Marsdya TNI Bagus Puruhito di Cilacap, Selasa (21/7).

Kantor SAR Cilacap membutuhkan peralatan SAR laut yang harus disesuaikan atau cocok dengan kondisi daerahnya. Cilacap memiliki pantai yang curam dan gelombang lautnya tinggi, memerlukan kapal-kapal yang lincah. Sehingga akan memudahkan dalam proses penyelamatan korban bila terjadi kecelakaan maupun bencana.

Menurutnya, keberadaan Kantor Basarnas Cilacap itu sangat penting terkait dengan kegiatan tranportasinya di Cilacap dan sekitarnya, baik darat, laut maupun udara serta wisatanya yang terus berkembang. Apalagi Kantor Basarnas Cilacap memiliki wilayah yang tidak hanya Cilacap, namun sampai Purworejo, Banyumas dan bahkan Basarnas Cilacap sering diminta memback up bila terjadi kecelakaan maupun bencana di luar daerah Jawa Tengah bagian Selatan.

“Selain peralatan SAR, kami juga akan menambah personilnya, karena personil yang ada masih sangat kurang. Ini kan terkait baru ditingkatkannya dari pos menjadi kantor,”lanjutnya. (Otu)

 

BERITA REKOMENDASI