Peserta Workshop Teater Katasapa Pentaskan Cerita Rakyat “Watu Lawang”

Editor: KRjogja/Gus

PURBALINGGA, KRJOGJA.com – Workshop teater Komunitas Teater Sastra Perwira (Katasapa) Purbalingga diselingi pementasan cerita rakyat berjudul “Watu Lawang”. Pentas digelar di Griya Seni Giri Sidubajan Kampung Wisata Tematik Sikadut (Katamas) Desa Karangtalun, Kecamatan Bobotsari dan disiarkan secara live di kanal YouTube Misbar Purbalingga, Selasa malam (24/11).

“Pentas dibawakan dengan bahasa Jawa Banyumasan untuk melestarikan dan mengenalkan budaya kepada generasi muda,” tutur Ketua Katasapa Purbalingga, Ryan Rachman.

Lakon berjudul “Watu Lawang” yang merupakan karya dan sutradara Suparyadi itu berkisah tentang Adipati Tangkisan memanfaatkan jasa makhluk halus untuk memindah pendapa milik kakaknya, Adipati Pakuncen. Di pendapa yang megah itu, Adipati Tangkisan menggelar hajatan sunat anaknya.

Usai pesta, pendapa pun dikembalikan lagi, Tapi salah satu pintunya terjatuh. Adipati Pekuncen yang baru tiba di rumah pun dibuat geger ketika mendapati pintu pendapa hilang.

Pintu (Lawang) yang hilang itu ternyata jatuh di sebuah saluran air yang berasal dari Pekuncen, mengakibatkan lahan di wilayah Tangkisan tidak mendapat air dan mengalami kekeringan. Adipati Tangkisan berusaha mengangkat pintu itu, tapi tidak berhasil.

BERITA REKOMENDASI