Pipa PDAM Tersumbat Batu, Warga ‘Kekeringan’

PURBALINGGA (KRjogja.com) – Sebagian warga kota di bagian utara, tengah dan timur kota Purbalingga sempat kesulitan mendapat akses air dari Perusahaan Daerah Air Minum sejak Kamis (15/06/2016) Jumat (16/09/2016). 

Sejak pagi, kran di rumah warga tidak bahkan mengeluarkan air setetespun. Untuk mengatasi krisis air bersih itu, mobil-mobil tanki PDAM mendistribusikan air bersih gratis ke sejumlah titik di kota Purbalingga pada Jumat siang.

Direktur PDAM Purbalingga, Riyanto menyebutkan, terputusnya aliran air tersebut. Air PDAM tidak mengalir, menurutnya, karena jaringan pipa di Desa Munjul Kecamatan Kutasari tersumbat batu-batu besar. 

"Di wilayah Desa Munjul sedang dilakukan proyek pemeliharaan jalan. Ada alat berat yang menimpa pipa kami hingga pecah dan kemasukan batu," ujarnya sembari menunjukkan batu-batu tersebut yang ditemukan dalam jaringan pipa induk di Jalan Panjaitan Purbalingga, Jumat siang (16/09/2016).

Batu berbagai ukuran itu ikut terbawa aliran air sepanjang pipa hingga ke hilir. Sebagian macet di beberapa titik. (Rus)

BERITA REKOMENDASI