Polda Jateng Bangun Polsek Khusus di Nusakambangan

Editor: KRjogja/Gus

CILACAP, KRjogja.com – Tingkat kerawanan keamanan di Pulau Nusakambangan, Cilacap semakin tinggi, hal itu terkait dengan keberadaan sejumlah lembaga pemasyarakatan super maksimum sekuriti, yang dihuni ribuan narapidana high risk (resiko tinggi). Untuk menjawab kerawanan itu, Kepolisian Daerah (Polda) Jawart Tengah telah meningkatkan Polsub Sektor Nusakambangan menjadi Polsek tipe D.

“Karena ditingkatkan maka jumlah personel yang ditugaskan Polsek Nusakambangan akan ditambahkan dari 16 orang menjadi 30 orang,” ujar Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jawa Tengah (Jateng) , Irjen Pol Ahmad Luthfi, usai meresmikan Polsek Nusakambangan, Selasa (16/03/2021).

Dijelaskan, saat ini di Nusakambangan terdapat sekitar 2.500 narapidana berisiko tinggi yang menghuni lembaga pemasyarakatan super maksimum sekuriti. “Tentunya pihak Lapas, Bapas akan berkoordinasi dengan kita untuk menangani permasalahan keamanan,” lanjutnya.

Dikatakan, peningkatan status tidak hanya Polsek Nusakambangan, namun telah direncanakan pula meningkatkan Polres Cilacap menjadi tipe A dan Polsek Kampunglaut. ” Semuanya sudah diajukan kini tinggal menunggu persetujuan mabes Polri, “katanya.

Kapolres Cilacap AKBP Leganek Mawardi menambahkan, jika lahan untuk kantor Polsek Kampunglaut sudah disiapkan Pemkab Cilacap. Lokasinya di sebelah kantor Camat Kampunglaut. “Kemarin tim mabes Polri sudah sudah melakukan pengecekan ke Kampunglaut. Hanya saja, karena lokasinya masih dipengaruhi pasang surut air laut, maka perlu ditingkatkan atau ditinggikan,” ujarnya.

Dijelaskan, selama ini, Kecamatan Kampunglaut masih menjadi bagian dari wilayah Polsek Kawunganten. Maka jika sudah dibangun Polsek Kampunglaut, maka akan menjadi wilayah tersendiri dari Polsek tersebut. (Otu)

 

BERITA REKOMENDASI