Polres Cilacap Luncurkan Aplikasi Pembayaran Plat Nomor Cantik

Editor: Ivan Aditya

CILACAP, KRJOGJA.com – Satlantas Polres Cilacap meluncurkan inovasi pembayaran pilihan, terutama menyangkut pendapatan negara bukan pajak (PNBP). Dalam hal ini pembayaran untuk Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor (NRKB) sesuai keputusan Kepala Korps Polisi Lalu Lintas Polri Nomor KEP/62/XII/2016, 30 Desember 2016, Tentang Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor Pilihan atau masyarakat lebih mengenalnya dengan plat nomor cantik.

"Jadi kami menyediakan pilihan fasilitas pembayaran dengan mesin Siyaap yang terkoneksi dengan Your All Payment (YAP) aplikasi BNI, sebagai alat pembayaran untuk transaksi non-tunai (cashless) dengan atau tanpa menunjukkan kartu debit atau kredit nya (cardless),"ujar Kasatlantas Polres Cilacap AKP Ahmad Nur A, Jumat (21/12/2018).

Menurutnya, masyarakat yang menginginkan NRKB pilihan tidak langsung membayar di loket kantor Samsat, tetapi menggunakan aplikasi Siyaap itu dan setelah mendapatkan struk pembayaran dari mesin Siyaap baru didaftarkan ke loket Samsat. "Jadi intinya masyarakat diberi pilihan dalam pembayaran NRKB," lanjutnya.

Dijelaskan, tarip atau berapa jumlah uang yang dibayarkan untuk mendapatkan NRKB pilihan, seluruhnya sudah diatur keputusan Kepala Korps Polisi Lalu Lintas Polri Nomor KEP/62/XII/2016, 30 Desember 2016, Tentang Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor Pilihan. Dengan paling murah Rp 5 juta yaitu empat angka dan ada hurufnya, sedangkan termahal, seperti satu angka dan tak tersedia huruf mencapai Rp 20 juta.

Ahmad Nur mengklaim, jika sistem atau aplikasi Siapp yang diterapkan di Cilacap merupakan yang pertama di Indonesia. Dan untuk memudahkan masyarakat dalam menggunakannya, mesin Siyaapakan ditempatkan di kantor Samsat Cilacap. "Sekarang ini, mesin Siyaap sudah diujicobakan," tambahnya. (Otu)

BERITA REKOMENDASI