Polresta Banyumas masih Kekurangan 1000 Personel

PURWOKERTO,KRJOGJA.com – Setelah naik tipe dari Kepolisian Resor (Polres) ke Kepolisian Resor Kota (Polresta) Banyumas,  Jawa Tengah, hingga saat ini masih kekurangan personel. Untuk memenuhi kekurangan personel tersebut Polresta Banyumas terus mengajukan kekurangan kepada pemerintah hingga ideal.

"Kami akan mengajukan penambahan kepada pemerintah karena untuk Polresta Banyumas kemungkinan memang ada kekurangan yang harus ditambah," kata Kapolresta Banyumas Kombes Whisnu Caraka, Senin (6/1/2020) seusai Upacara Serah Terima Jabatan dan Pengambilan Sumpah Wakapolresta, Pejabat Utama (PJU), dan Kapolsek Jajaran Polresta Banyumas di halaman Markas Polresta Banyumas.

Dia menjelaskan idealnya personel Polresta Banyumas sebanyak 2.220 orang, dan saat ini baru sekitar 1.000 orang. Untuk penambahan personel tersebut, pihaknya tidak bisa memastikan kapan pemenuhan kebutuhan personel yang ideal untuk Polresta Banyumas itu dapat tuntas.

Untuk jabatan pejabat utama juga mengalami peningkatan pangkat seperti Wakil Kepala Polresta harus memiliki pangkat Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) mantap dari sebelumnya Komisaris Polisi.

Tahapan berikutnya kemungkinan akan dilakukan pengukuhan dari masing-masing Kepala Satuan maupun Kepala Bagian yang rencananya akan dikukuhkan pada hari Selasa (7/1/2020).

Pada ada serah terima jabatan baru, ia mengharapkan para pejabat baru dapat segera menyesuaikan diri agar tidak ketinggalan. Kemudian kepada pejabat lama,  pihaknya menyampaikan terima kasih karena mereka rata-rata menjabat lebih dari tiga bulan sehingga punya peran dalam kenaikan tipe Polres Banyumas menjadi Polresta Banyumas.

Sejumlah jabatan yang diserahterimakan terdiri atas Wakapolresta Banyumas dari Kompol Davis Busin Siswara kepada AKBP Kristanto Yoga Darmawan yang sebelumnya menjabat Kepala Subbagian Pengkajian Lingkungan Strategis (Subbagjianlingstra) Bagian Pengkajian Lingkungan (Bagjianling) Biro Pengkajian dan Strategi (Rojianstra) Staf Operasional Markas Besar Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Kompol Davis Busin Siswara selanjutnya menjabat Kepala Satuan Lalu Lintas Polresta Banyumas menggantikan AKP Dodiawan yang mengemban jabatan baru sebagai Kasatlantas Polres Blora, Kepolisian Daerah Jawa Tengah.

Selanjutnya Kepala Bagian Perencanaan Polresta Banyumas diserahterimakan dari Kompol Sulistyo Dwi Cahyono kepada Kompol Ike Yulianty yang sebelumnya menjabat Kabag Perencanaan Polres Kebumen, Polda Jateng.

Kompol Sulistyo Dwi Cahyono selanjutnya menjabat Kepala Satuan Intelijen dan Keamanan Polresta Banyumas menggantikan AKP Kusnadi yang mengemban jabatan baru sebagai Kapolsek Karanganyar, Polres Kebumen.

Jabatan Kepala Satuan Reserse Kriminal Polresta Banyumas diserahterimakan dari AKP Agung Yudiawan kepada AKP Berry yang sebelumnya menjabat Perwira Unit (Panit) 2 Unit 1 Subdirektorat 5 Direktorat Kriminal Khusus Polda Jateng. AKP Agung Yudiawan selanjutnya menjabat Kepala Unit 4 Subdirektorat Penegakan Hukum Direktorat Lalu Lintas Polda Jateng.

Jabatan Kepala Satuan Pembinaan Masyarakat Polresta Banyumas diserahterimakan dari AKP Suprijadi kepada AKP Wahyono yang sebelumnya menjabat Kepala Subbagian Pengendalian Operasi Bagian Operasi Polresta Banyumas. 

AKP Suprijadi selanjutnya menjabat Kapolsek Wangon, Polresta Banyumas, menggantikan Kompol Sutrisno Utomo yang mengemban jabatan baru sebagau Bhayangkara Penyelia Bidang Operasi Polresta Banyumas.

Jabatan Kepala Satuan Reserse Narkoba diserahterimakan dari AKP Gunawan Widodo kepada Kompol Edhy Purwanto yang sebelumnya menjabat Tenaga Pendidik Muda 12 Sekolah Polisi Negara Polda Jateng.

AKP Gunawan Widodo selanjutnya menjabat Kapolsek Purwojati, Polresta Banyumas, menggantikan AKP Jamaluddin Hasibuan yang mendapat tugas baru sebagai Bhayangkara Administrasi Penyelia Bidang Sumber Daya Polresta Banyumas.

Jabatan Kapolsek Purwokerto Timur diserahterimakan dari Kompol Rojak kepada Kompol Nooryadhi yang sebelumnya menjabat Kepala Subbagian Sistem dan Manajemen Bagian Strategi dan Manajemen Biro Perencanaan Polda Jateng. Kompol Rojak selanjutnya menjabat sebagai  Tenaga Pendidik Muda 12 Sekolah Polisi Negara Polda Jateng.(Dri)

BERITA REKOMENDASI