Polri Temukan CPMI dengan Disnakerin

CILACAP, KRJOGJA.com – Batal menyuarakan aspirasinya, saat ada kunjungan Presiden Joko Widodo ke Cilacap, ratusan Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) dipertemukan dengan pejabat Dinas Tenaga Kerja dan Industri (Disnakerin) Cilacap dengan difasilitasi Polri. Menurut para CPMI itu, aspirasi mereka tersebut untuk menyampaikan kesulitannya untuk pergi bekerja di luar negeri, diantaranya, Korea Selatan, meski mereka telah mendapatkan pelatihan untuk bekerja ke luar negeri.

“Jadi awalnya, pada saat kunjungan presiden di Cilacap, Kamis kemarin, ada ratusan orang dari Calon Pekerja Migran Indonesia yang ingin menyalurkan aspirasi agar keinginan mereka untuk bekerja di luar negeri terpenuhi,” ujar Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi melalui Kabidhumas, Kombes Pol M Iqbal Alqudusy, Jumat (24/9/2021).

Mereka mereka bergerombol di suatu tempat yang akan dilalui rombongan presiden. Karena aksinya mencurigakan, sehingga mereka didekati petugas keamanan dan kemudian diajak berdialog tentang maksud dan tujuan mereka bergerombol. Dari dialog itu diketahui, keberadaannya tersebut akan menyuarakan aspirasinya, tentang kesulitan mereka berangkat bekerja ke luar negeri. Untuk kepentingan tersebut mereka telah mempersiapkan sejumlah poster yang rencananya akan dibentangkan saat rombongan presiden melintas.

“Akhirnya dari kita menawarkan alternatif agar mereka akan didampingi langsung untuk bertemu dengan pejabat Disnakertrans setempat. Dan mereka setuju,” jelas Kabidhumas.

BERITA REKOMENDASI