Potensi Wisata Tegal Harus Dikembangkan

Editor: Ivan Aditya

SEMARANG (KRjogja.com) – Melihat kondisi geografis dan budaya khas di Tegal yang dinilainya memiliki keunikan tersendiri, Wakil Ketua Komisi X DPR RI Abdul Fikri Faqih minta kepada pemerintah dan masyarakat untuk mengembangkan potensi tersebut sebagai obyek wisata. Fikri yakin potensi tersebut akan mampu menjadi destinasi wisata nasional, bahkan dunia.

“Pemerintah harus bekerjasama dengan masyarakat komunitas pariwisata untuk mengembangkan wisat di Tegal. Masyarakat komunitas wisata bisa mempersiapkan destinasi agar memiliki daya tarik, sedangkan pemerintah mempersiapkan infrastruktur menuju dan sekitar destinasi. Komunitas bisa mempersiapkan bersama masyarakat sekitar destinasi untuk program event dan promosi,” katanya di Semarang, Rabu (17/08/2016).

Menurut Fikri, pariwisata menjadi salah satu industri yang tidak lepas dari ekonomi kreatif, Karena menurut Fikri dalam sebuah destinasi wisata salah satu pembelanjaan terbesar adalah kuliner dan handycraft khas daerah tersebut. Sehingga masyarakat dituntut untuk tetap melestarikan kerajinan dan kuliner-kuliner khas Tegal seperti lengko, kupat blengong, kerajinan besi dan produk local lainnya.

"Kalau kita bangga sebagai wong ngapak, ya lestarikan bahasa budaya kita dan jangan lupa promosikan wisata daerah ke Indonesia dan Dunia. Kita semua berharap wisata di Tegal bisa maju, dan kesejahteraan masyarakat bisa meningkat. Untuk itu harus dilakukan kajian soal ikon pariwisata di Tegal, sesuai dengan hasil pemetaan pasar. Sehingga pelaku pariwisata bisa memberikan fokus lebih kepada ikon pariwisata tersebut bersamaan dengan pengembangan di destinasi lainnya,” tutur Fikri. (Bdi)

BERITA REKOMENDASI