PPKM di Purbalingga, Pedagang dan Pengunjung Pasar Hewan dari Luar Daerah Dilarang Masuk

Editor: KRjogja/Gus

PURBALINGGA, KRJOGJA.com – Kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Purbalingga mulai dirasakan pedagang hewan dari luar daerah. Kendati pasar hewan Purbalingga tetap diijinkan, khusus untuk pedagang kambing dan unggas dari luar Purbalingga tidak diperkenankan untuk berjualan. Walhasil, puluhan pedagang hewan itu terpaksa putar balik.

“Mulai hari sampai dengan 25 Januari, pedagang kambing dan unggas dari luar daerah tidak diijinkan berjualan di pasar hewan Purbalingga” tutur Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Purbalingga Suroto, Senin siang (11/1/2021).

PPKM itu untuk pengendalian penyebaran Covid-19 di Purbalingga selama dua pekan dari tanggal11 hingga 25 Januari itu dituangkan dalam Surat Edaran (SE) Bupati Purbalingga Nomor 300/0201. Dalam poin 9 SE itu disebutkan pasar Hewan tetap beroperasi. Hanya saja bagi pedagang kambing dan unggas dari luar Purbalingga tidak diperkenankan berjualan di pasar yang beroperasi setiap Senin dan Kamis tersebut.

“Karena hari ini bertepatan dengan operasional pasar hewan dan pemberlakuan PPKM, kami menyiagakan petugas gabungan di pasar hewan,” ujar Suroto.

Petugas gabungan dari Satpol PP, kepolisian, TNI, dan Petugas Kesehatan berjaga di pintu masuk kompleks Pasar Hewan. Semua pengunjung dan pedagang yang hendak masuk dan berjualan diminta menunjukkan KTP atau kartu identitas lainnya. Petugas juga memeriksa suhu tubuh hingga diminta memperlihatkan kartu identitas.

BERITA REKOMENDASI