PPKM Diperpanjang, Sedekah Laut Cilacap Digelar Perkelompok

Editor: Ivan Aditya

CILACAP, KRJOGJA.com – Puluhan perahu dan kapal nelayan mengantar larung jolen sesaji, sebagai bagian dari prosesi Sedekah Laut Cilacap, Jumat (27/08/2021). Kegiatan puncak dari proses tersebut juga hanya disaksikan sejumlah masyarakat saat pelepasan jolen ke laut di dermaga Kantor Pelabuhan Perikanan Samudera Cilacap (PPSC), terkait pemberlakuan PPKM Darurat yang diperpanjang.

“Ada sembilan jolen sesaji yang dilarung pada puncak prosesi Sedekah laut Cilacap,” ujar Wakil Ketua I Himpunan Nelayan Seluruh Ibdonesia (HNSI) Cilacap Parjo Hadi Pranoto.

Jolen itu berasal dari 8 kelompok nelayan dan satu dari HNSI Cilacap. Menurutnya, karena saat ini kondisi pandemi Covid-19, sehingga larungan jolen sesaji dilakukan sendiri masing-masing kelompok nelayan.

“Biasanya jolen sesaji itu dikumpulkan dan kemudian diarak dari pendopo Kantor Bupati dan baru dilarung ke laut, tetapi karena saat ini masih pandemi Covid-19, sehingga sekarang dilakukan sendiri-sendiri per kelompok,” lanjutnya.

Begitu pula dengan hiburan yang biasanya digelar usai larung jolen sesaji juga ditiadakan. “Jadi habis larung jolen sesaji, masing-masing kelompok nelayan mengadakan kenduri di tempat pelelangan ikan (TPI),” katanya.

Sedang untuk ruwatan pasca larung jolen sesaji, hanya dilaksanakan di kantor HNSI Cilacap. Setelah itu tidak ada kegiatan lain, nelayan kembali sibuk melaut menangkap ikan di kaut. (Otu)

BERITA REKOMENDASI