Program Tanam 10 Juta Pohon Diluncurkan di Bukit Pethulu

Editor: Agus Sigit

BANJARNEGARA,KRJOGJA.com-Program Tanam 10 Juta Pohon diluncurkan oleh Dewan Pimpinan Wilayah Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia Jawa Tengah di bukit Pethulu Desa Argasoka Banjarnegara, Minggu (28/11). Sebagai bentuk edukasi kepada generasi penerus, dalam kegiatan penanaman yang digelar dalam rangka Hari Menanam Pohon Indonesia itu juga dilibatkan para santri dari berbagai TPQ di sekitar lokasi.
Ketua DPW Partai Gelora Jawa Tengah, Ahmadi mengatakan, kondisi lingkungan global sudah sangat mengkhawatirkan, suhu udara dunia lebih hangat 1 derajat Celcius dibanding masa pra industri. Batas maksimal agar tidak terjadi perubahan iklim maksimal peningkatan suhu bumi 1,5 derajat Celcus, sehingga gerakan penanaman harus dilakukan. Ancaman perubahan iklim akan berdampak kepada terjadinya bencana.
“Jawa Tengah merupakan salah satu provinsi dengan kejadian bencana terbanyak secara nasional, termasuk  di Banjarnegara banyak bencana tanah longsor. Maka kepedulian terhadap lingkungan harus terus ditumbuhkan kepada masyarakat. Menanam pohon adalah salah satu cara kami untuk mengedukasi masyarakat agar mulai peduli lingkungan,” ujar Ahmadi.
Menurut Ahmadi, gerakan penyelamatan lingkungan harus ditingkatkan. “Jangan ditunda lagi, kita harus bergerak bersama, bahwa ancaman lingkungan ini bukan cuma persoalan masa depan, tapi juga persoalan hari ini. Pemanasan global telah membuat bumi lebih panas dari hari ke hari tentu sangat berbahaya, kita harus melangkah demi anak cucu kita,” katanya.
Dalam peluncuran Program Tanam 10 Juta Pohon, sebagai tahap awal  DPW Partai Gelora Jateng menanam ratusan bibit pohon  di Bukit Pethulu. Penanaman  akan diteruskan di wilayah lain. Bibit pohon yang ditanam terdiri dari jenis duren, lemon, jambu, alpukat, dan beberapa jenis tanaman lain yang memberikan manfaat kepada masyarakat.
Program Tanam 10 Juta Pohon merupakan program nasional yang akan dilakukan hingga 1 tahun kedepan. Di Jawa Tengah akan ditananam 1 juta pohon di seluruh Kabupaten/Kota. Setiap kader Gelora dihimbau menanam minimal 25 pohon di lingkungan rumah. “Melalui gerakan ini, diharapkan bisa berkontribusi memperbaiki ekosistem bumi dan melawan perubahan iklim,” ujar Ahmadi pula.
Ketua DPD Partai Gelora Banjarnegara Fauzi Susanto menyatakan, penanaman pohon di Bukit Penthulu sangat positif bagi lingkungan. “Tanah  tidak mudah longsor dan ke depan manfaatnya akan dirasakan oleh masyarakat  karena yang ditanam adalah pohon buah-buahan,” katanya. (Mad)

BERITA REKOMENDASI