Puluhan Warga Positif Covid-19, Desa Manduraga Lockdown

Editor: Ivan Aditya

PURBALINGGA, KRJOGJA.com – Desa Manduraga Kecamatan Kalimanah Purbalingga menjalani isolasi total alias lockdown sejak Rabu (16/06/2021) malam. Penutupan tiga dari empat akses masuk dan keluar desa itu menyusul ditemukannya 22 warganya yang positif terpapar Covid-19.

Satu diantaranya meninggal dunia dan masih ada 18 orang yang sedang menunggu hasil swab. “Kami menutup total tiga akses keluar masuk. Satu pintu buka tutup dan diijaga ketat. Warga luar desa bisa masuk, tergantung kepentingan,” tutur Kades Manduraga, Hardizon kepada KRJOGJA.com, Kamis (17/06/2021).

Hardizon menambahkan, penutupan dilakukan itu untuk menekan persebaran virus. Pihaknya sudah berkordinasi dengan forkopimcam. Karena lalu lintas jalan desa Manduraga tergolong tinggi.

Desa Manduraga dengan Desa Karangpule Kecamatan Padamara di utara. Di sisi barat berbatasan langsung dengan Desa Kramat, Kabupaten Banyumas. Sedangkan sisi selatan, berbatasan dengan Desa Blater. “Penutupan ini diharapkan bisa mengurangi mobilitas warga, jadi ini upaya untuk penekanan kasus Covid-19,” ujarnya.

Selain akses jalan, untuk sementara pasar desa juga ditutup. Penutupan pasar karena ada warga yang rumahnya di sekitar pasar, satu keluarga positif covid. Kegiatan belajar mengajar belum dilaksanakan. Begitu juga untuk acara keagamaan.

“Pasar sementara tidak beroperasi, kalau warung-warung kecil di dalam wilayah desa tetap buka. Solat jamaah di mushola bisa, tapi untuk jamaah solat jumat belum diijinkan,” kata Hardizon.

Beberapa upaya penanganan telah dilaksanakan. Selain tertib dalam menerapkan prokes, lingkungan desa juga telah dilakukan penyemprotan disinfektan. “Bagi keluarga yang sedang karantina, telah diberikan asupan vitamin,” ujarnya.

Selain Manduraga, sejumlah desa di kecamatan Kalimanah juga dilanda covid-19. Masing-masing Desa Jompo 3 orang, Desa Rabak 4, Desa Blater 1, Desa Karangsari 4, Desa Kalimanah Kulon 5. Desa Sidakangen 4 orang, Desa Kalimanah Wetan 11,
Desa Grecol 3.

Kelurahan Kalikabong 3 orang, Kelurahan Mewek 1, Desa Selabaya 2, Desa Klapasawit 3, Desa Kedungwuluh 3 dan Desa Babakan 6 orang. (Rus)

BERITA REKOMENDASI