Purbalingga Antisipasi Penyakit Mulut dan Kuku Sapi

Editor: Ary B Prass

PURBALINGGA, KRJOGJA.com  – Kepala Dinas Pertanian Purbalingga, Mukodam memastikan belum ditemukan kasus penyakit mulut dan kuku (PMK) pada ternak sapi di Purbalingga. Kendati demikian pihaknya sudah menempuh langkah antisipasi mencegah penularan PMK yang tengah marak di sejumlah wilayah di Indonesia, termasuk Jawa Timur.
“Kami telah mengingatkan peternak dan penjual daging agar menghindari pasokan hewan ternak dari daerah terjangkit PMK sapi,” Tutur Mukodam, Rabu (11/5/2022).
Selama ini kebutuhan daging di Purbalingga didatangkan dari daerah lain termasuk Jawa Timur. Bila pedagang tak waspada, bisa saja PMK bakal menyebar juga di Purbalingga.
Dinas Pertanian juga menyiapkan 350 liter disinfektan untuk mencegah penyebaran penyakit yang disebabkan oleh virus itu. Cairan itu bisa diencerkan menjadi sekitar 175 ribu liter untuk disemprotkan ke kandang peternak skala kecil. Sedangkan peternakan skala sedang dan besar sudah dianggap memiliki kemampuan yang cukup mandiri sehingga diharapkan dapat melaksanakan pencegahan secara mandiri.

BERITA REKOMENDASI