Purbalingga Bakal Dibangun Jalan Tol, Ini Daerah yang Dilewati

Editor: Agus Sigit

PURBALINGGA, KRjogja.com – Rencana pembangunan jalan tol di wilayah Purbalingga sudah ramai diperbincangkan warga. Info yang beredar, setelah pembangunan trase jalan tol Brebes-Cilacap selesai, bakal dibangun pula jalan tol ke wilayah Purwokerto dan Purbalingga yang tersambung di Ajibarang Banyumas.

“Trase jalan tol Brebes-Cilacap sudah positif. Tapi yang bercabang ke arah Purbalingga, terus terang belum ada pemberitahuan resmi kepada kami, baik dari PUPR maupun Jasa Marga,” tutur Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelit) Purbalingga, Siswanto, Kamis siang (27/2/2020).

Siswanto mengaku sudah menerima semacam dokumen Pengumuman Studi Amdal (Analisis mengenai dampak lingkungan) Pembangunan Jalan Tol Tegal Brebes Cilacap Banyumas Cilacap Purbalingga. Dalam dokumen itu dirinci desa-desa yang bakal dilewati jalan tol tersebut.

Di wilayah Purbalingga, desa yang tersentuh pembangunan jalan tol meliputi Desa Blater, Rabak (Kecamatan Kalimanah), Gambarsari,Jetis, Toyareka (Kemangkon) dan berakhir di wilayah Kelurahan Bojong Purbalingga. Menurut Siswanto, jalan tol berakhir bukan di dekat bandara Jenderal Soedirman karena jalan berbayar itu juga melayani pengguna lain yang hendak melanjutkan perjalanan lewat jalan nasional.

“Sekali lagi, itu berdasar pengumuman studi amdal pembangunan jalan tol. Karena sama sekali belum ada koordinasi dengan pemkab Purbalingga,” ujarnya. (Rus)

BERITA TERKAIT