Puspahastama Tanam 2000 Bibit Pohon Kopi

PURBALINGGA, KRJOGJA.com – Perusahaan daerah (Perusda) Pusat Pengolahan Hasil Pertanian Utama (Puspahastama) Purbalingga melakukan gerakan penanaman pohon kopi di tiga wilayah, Kamis (1/10/2020). Masing-masing di Dusun Gunung Malang Desa Serang dan Desa Siwarak Kecamatan Karangreja. Serta desa Sirandu Kecamatan Karangjambu.

“Kami menyediakan 1000 bibit kopi Arabika untuk Gunung Malang, 500 bibit kopi arabika untuk dan 500 kopi robusta untuk desa Sirandu,” tutur Direktur Perusda Puspahastama, Sri Wahyuni, di lokasi penanaman bibit kopi, Bukit Krisan, Gunung Malang.

Sebelum penanaman bibit kopi itu, Puspahastama lebih dahulu memberikan pelatihan budidaya kopi terhadap para petani kopi di wilayah tersebut pada tanggal 17 – 19 September lalu. Pelatihan dari menanam hingga panen.

Selain beras, lanjut Sri Wahyuni, Puspahastama mulai menggarap komoditas kopi menjadi bagian dari usahanya, selain beras. Karenanya, Perusda yang didirikan sebagai Bulognya Purbalingga itu mendorong sektor pertanian kopi di beberapa wilayah di Purbalingga.

“Yang paling potensial saat ini dusun Gunung Malang Desa Serang, Desa Siwarak dan desa Sirandu,” ujar Sri Wahyuni.

BERITA REKOMENDASI