Puspahastama Tanam 2000 Bibit Pohon Kopi

Dewan Pengawas Puspahastama, Tri Daya Kartika mengaku optimis kopi bisa menjadi komoditas unggulan yang bisa mendorong Puspahastama untuk meningkatkan pendapatan daerah maupun petani. Apalagi di dusun Gunung Malang dengan ketinggian 1200 mdpl cukup potensial ditanami jenis Kopi Arabika yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi.

“Bila penanamannya baik, hasilnya juga akan baik. Setiap musim, satu pohon bisa menghasilkan 10 kilogram buah kopi, seandainya petani mempunyai 1000 pohon maka 1 tahun, diperkirakan akan menghasilkan Rp 70 juta per tahun,” ujarnya.

Pjs Bupati Purbalingga Sarwa Pramana yang menghadiri kegiatan tersebut berharap petani kopi yang sudah dilatih sebelumnya bisa menjadi pelatih bagi petani-petani kopi yang lain. Disamping itu, ia juga meminta agar setiap batang pohon kopi dari bantuan ini harus dipertanggungjawabkan.

Sarwa menegaskan harus ada komitmen dari petani kopi untuk mempertanggungjawabkan setiap pohon yang ditanam. Komitmen petani itu agar tidak ada bibit pohon yang mubadzir.

“Karena bibit ini dibeli dengan uang negara. Kalau uang negara ini ditanam, nanti dipertanggungjawabkan, harus jelas lubangnya dimana saja. termasuk ketika ada yang mati harus ada second opinion, harus segera disusuli ditanami lagi, ini menjadi penting,” tuturnya.(Rus)

BERITA REKOMENDASI