Putri Buruh Tani Diterima SMA TN Jalur Beasiswa

Editor: Agus Sigit

PURBALINGGA, KRJOGJA.com – Lusiana Dewi (15), siswi kelas 9 SMP Negeri 1 Bukateja, Purbalingga berhasil lolos seleksi masuk sekolah favorit, SMA Taruna Nusantara (TN) Magelang tahun pelajaran 2021/2022. ABG kelahiran 18 Oktober 2006 itu termasuk satu dari 10 siswa terbaik kelas 9 SMP di Provinsi Jateng. Gubernur Jateng menganugerahi beasiswa untuk bersekolah gratis di sekolah bergengsi ini.

“Saya bersyukur, senang dan bangga bisa diterima di SMA Taruna Nusantara. Saya haturkan terima kasih kepada orang tua, kakak, ibu Kepala SMPN 1 Bukateja beserta bapak ibu guru semua, dan semua pihak yang ikut menghantarkan saya diterima di SMA Taruna Nusantara,” tutur Lusiana Dewi ketika ditemui di SMPN 1 Bukateja, Sabtu sore (17/4/2021).

Didampingi Kepala SMPN 1 Bukateja Tjandra Irawati SPd dan urusan Kurikulum, Joko Arifin SPd, Lusi mengungkapkan, ia merupakan anak bungsu dari dua bersaudara. Ayahnya Gatot Sutrisno sehari-hari bekerja sebagai buruh tani. Ibunya, Istiyah sebagai ibu rumah tangga. Kakak Lusi, Jefriono bekerja sebagai buruh bangunan. Keluarga Lusi tinggal di Jalan Randu Alas RT 03 RW 09, Dukuh Gua Lele, Desa/Kecamatan Bukateja Purbalingga.

Tidak mudah bagi Lusi untuk meraih beasiswa di SMA TN. Lusi harus menjalani proses seleksi yang cukup lama dan ketat. Yakni sejak Januari hingga awal April 2021.

Hingga akhirnya, berdasarkan surat dari Yayasan Pengembangan Potensi Sumber Daya Pertahanan – Lembaga Perguruan Taman Taruna Nusantara (LPTTN) yang mengelola SMA TN, bernomor B/1357/IV/2021, tertanggal Jakarta, 9 April 2021, perihal pemberitahuan hasil pemantauan akhir (Pantukhir), Lusiana Dewi dinyatakan diterima sebagai siswi SMA TN tahun pelajaran 2021/2022.

Awalnya, kisah Lusi, ia mengikuti seleksi administrasi dan seleksi akademik yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jateng. Tidak kurang dari 53 siswa SMP kelas 9 terbaik di Jateng yang lolos administrasi kemudian mengikuti tes akademik. Tes akademik tersebut menjaring 20 siswa terbaik sebagai kandidat penerima beasiswa Gubernur Jateng untuk melanjutkan studi di SMA TN.

Dari 20 siswa tersebut Lusi masuk rangking 10 besar. Oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jateng, 20 siswa yang lolos seleksi akademik, didaftarkan ke LPTTN sebagai calon siswa (Casis) SMA TN. Selanjutnya di tingkat nasional ribuan casis yang berasal dari seluruh pelosok tanah air melakukan seleksi administrasi.

BERITA REKOMENDASI